Pesawat Kargo Boeing 737-300 Mendarat Perdana di Bandara Rembele

Pesawat Kargo Boeing 737-300 Mendarat Perdana di Bandara Rembele
Pesawat Kargo Boeing 737-300 di Bandara Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Bener Meriah – Pesawat kargo dari maspakai penerbangan Trigana Air Boeing 737-300 untuk pertama kali berhasil mendarat di Bandara Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (16/3) dalam rangka proses uji operasional (proving flight).

Pesawat berbadan besar tersebut, mendarat dengan mulus di landasan pacu Bandara Rembele pada pukul 11.40 WIB.

Kapten Beni Sumaryanto selaku Operation Director Trigana Air, memuji runway Bandara Rembele yang dinilainya masuk ke dalam kategori runway sangat bagus.

Sebelum melakukan proving flight, pihak maskapai Trigana Air telah melaksanakan tiga kali peninjauan kondisi Bandara Rembele yang dimula 13 Januari 2023. Selanjutnya pada 7 Februari 2023 dan terakhir 15 Maret 2023.

Peninjauan tersebut terkait dengan panjang runway, kekuatan runway, area pendaratan dan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara itu, pengiriman perdana menggunakan pesawat kargo Boeing 737-300 dari Bandara Rembele, terdiri atas kopi arabika Gayo, cabai, alpukat, durian dan tembakau dengan total bobot sekita 6.000 kilogram.

Tujuan pengiriman pertama ini menuju Ibukota Jakarta, Medan dan Batam, serta ada beberapa bandara domestik yang akan menjadi tujuan pesawat kargo Trigana Air.

Bagian Operasional Maskapai Trigana Air Donia Nungroho, menjelaskan, kapasitas pesawat kargo Boeing 737-300 mencapai 15.000 kg tetapi tergantung pada tujuan pesawat.

Jika menuju Jakarta, kapasitasnya bisa 8.000 hingga 9.000 kg, tetapi tergantung kondisi cuaca yang bisa mempengaruhi proses penerbangan.

Dengan mulai beroperasinya pengiriman kargo udara tersebut, tentu akan memudahkan masyarakat dalam memasarkan komoditinya keluar daerah. Dampaknya, akan mempengaruhi perekonomian masyarakat Kabupaten Bener Meriah.

Selain itu, Dengan pengiriman melalui kargo tentu akan lebih efisien bagi komoditi-komoditi tertentu.

Kegiatan pelepasan pengiriman kargo tersebut, dilakukan langsung Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga.

“Ini tentu menjadi sejarah bagi kabupaten kita karena pesawat kargo Boeing 737-300 merupakan yang pertama sekali mendarat di Bandara Rembel,” kata Haili Yoga.

Pengiriman kargo melalui udara merupakan respon cepat dalam mengakomodir permintaan pasar. Dengan adanya pengiriman jalur udara tentu komoditi di Kabupaten Bener Meriah dapat dikirim secara praktis dan efisien.

“Masyarakat tentu diuntungkan karena dapat dengan mudah memasarkan komoditinya, baik secara domestik maupun Ekspor. Selain itu, ada juga gudang kargo untuk mengakomodir komoditi yang ada di sini,” terang Haili Yoga.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Teuku Faisal yang hadir menyaksikan proving flight secara langsung menyebutkan, kesuksesan proving flight ini menjadi milestone kemajuan transportasi udara di Aceh, khususnya untuk penerbangan kargo.

"Kita mengapresiasi atas dukungan Pemkab Bener Meriah, Pemkab Aceh Tengah, serta stakeholders terkait sehingga tahap awal penerbangan kargo melalui Bandara Rembele bisa terlaksana," sebutnya.

Teuku Faisal berharap penerbangan kargo bisa segera beroperasi mengirimkan komoditas asli Aceh yang ada di wilayah tengah ini ke luar daerah.

Pengiriman via udara bisa menjadi pilihan terbaik, mengingat waktu tempuh yang cukup singkat, sehingga kualitas hasil alam Aceh mempunyai nilai tawar tinggi di pasar domestik.

Sebagai informasi, Bandara Rembele memiliki terminal kargo seluas 418 meter persegi, runway sepanjang 2.250 M x 30 M, serta apron seluas 156 M x 95 M yang mampu menampung 4 pesawat.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi