Island Hospital Finalis Unggulan Program Rumah Sakit Pariwisata Medis Malaysia

Island Hospital Finalis Unggulan Program Rumah Sakit Pariwisata Medis Malaysia
Menteri Kesehatan Malaysia YB. Dr. Zaliha binti Mustafa bersama Chief Executive Officer, Malaysia Healthcare Tourism Council (MHTC) En. Mohd Daud Mohd Arif menyerahkan plakkat finalis program Rumah Sakit Terbaik Malaysia Island Hospital (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Island Hospital Malaysia terpilih sebagai finalis Program Rumah Sakit Wisata Medis Unggulan Malaysia (Flagship Medical Tourism Hospital). Program inovatif ini dipelopori Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC).

Program yang didukung penuh oleh Pemerintah Malaysia dan Kementerian Kesehatan ini bertujuan untuk menetapkan standar baru dalam perawatan kesehatan global dengan memposisikan Malaysia sebagai ikon dalam wisata medis.

Program ini merupakan komponen penting dalam Industri wisata medis Malaysia dalam lima tahun kedepan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman perjalanan perawatan kesehatan terbaik di Malaysia bagi pasien pada tahun 2025.

Dalam keterangan persnya, Senin (20/3), Head of Marketing (Regional) Island Hospital, Vincent Tey mengatakan, ditetapkannya Island Hospital sebagai finalis dalam program ini menjadi bukti komitmen Island Hospital dalam menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari upaya tanpa henti rumah sakit dalam memastikan keselamatan pasien, memberikan perawatan medis yang terbaik, dan memberikan pengalaman perawatan kesehatan yang luar biasa kepada pasien," katanya.

Island Hospital sendiri telah aktif dalam wisata medis selama lebih dari 20 tahun, dan telah aktif berinvestasi dalam menumbuhkan dan mengembangkan infrastruktur dan keahlian untuk memenuhi kebutuhan pasien lokal dan internasional.

Melalui kemitraan publik-swasta dengan Negara Bagian Penang, Island Medical City didirikan pada tahun 2016 sebagai komitmen untuk membawa pariwisata medis di Penang dan Malaysia ke tingkat yang lebih tinggi, sekaligus menandai Island Hospital sebagai menjadi penyedia layanan kesehatan regional terkemuka di kelasnya untuk menjadi salah satu institusi medis terbesar dan terkemuka di Asia Tenggara.

"Visi ini sangat cocok dengan tujuan Flagship Medical Tourism Hospital apalagi dengan peresmian fasilitas baru yang sudah diperluas, yaitu gedung Peel Wing pada Oktober 2022 lalu, Island Hospital siap mencapai tujuan sebagai wisata perawatan kesehatan yang menghasilkan hingga 80 persen pendapatannya dalam beberapa tahun ke depan," tambahnya.

Tak hanya itu, Island Hospital juga membuktikan komitmennya untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas dengan menginvestasikan lebih dari RM 0,5 miliar untuk membangun infrastruktur fisik, digitalisasi kesehatan, dan sumber daya manusia.

Melalui kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan publik dan swasta, diperkirakan pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi dari wisata medis ke Penang akan mencapai lebih dari RM 1 miliar per tahun termasuk dari kegiatan hulu dan hilir di sektor perhotelan, layanan, ritel, dan transportasi.

"Terpilih sebagai finalis untuk program bergengsi ini merupakan pencapaian yang signifikan bagi Island Hospital, dan kami bangga menjadi bagian darinya, karena Island Hospital tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional dan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pasien," tambahnya.

Selain Island Hospital, rumah sakit lain yang juga menjadi finalis dalam program tersebut yakni National Heart Institute (IJN), Mahkota Medical Centre, and Subang Jaya Medical Centre.

(WITA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi