Pemko Banda Aceh Gratiskan Air Bersih untuk Rumah Ibadah Selama Ramadan

Pemko Banda Aceh Gratiskan Air Bersih untuk Rumah Ibadah Selama Ramadan
Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Daroy akan menggratiskan pengunaan air bersih untuk rumah ibadah selama bulan puasa Ramadan 1444 Hijriah.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, menyahuti permintaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, saat meninjau instalasi pengolahan air bersih milik Perumdam Tirta Daroy di Lambaro, Aceh Besar. Pihaknya pun menyambut baik aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui dewan tersebut.

“Saya sangat setuju dengan usulan beliau dan insyaallah dapat kita penuhi untuk tidak memungut iuran air selama bulan puasa kepada semua rumah ibadah, baik masjid, meunasah, maupun musalla yang di Banda Aceh,” ujar Bakri Siddiq, Selasa (21/3).

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan Perumdam Tirta Daroy untuk menyiagakan mobil tangki air guna mem-backup kebutuhan air di rumah ibadah.

“Karena bulan puasa, kebutuhan air bersih tentu akan lebih banyak dari biasanya,” terangnya.

“Oleh sebab itu, kapan saja dibutuhkan, mobil tangki sudah kita siapkan untuk mendistribusikan air secara gratis ke masjid-masjid. Kebijakan ini kita ambil untuk mengantisipasi jika nanti ada kendala di lapangan yang menyebabkan rumah ibadah kekurangan air bersih,” ujarnya.

Pj Wali Kota juga telah menginstruksikan Perumdam Tirta Daroy untuk mengambil langkah-langkah konkrit guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat selama bulan puasa.

“Mulai dari sumber air baku, unit pengolahan air, hingga jaringan pipa, saya minta agar dicek betul-betul berfungsi dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada warga,” sebutnya.

“Insya Allah dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Perumdam Tirta Daroy dapat menjangkau seluruh pelanggan setianya hingga ujung pelayanan. Dengan begitu, kita semua dapat beribadah dengan khusyuk selama bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” ujar Bakri.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi