KTT untuk Demokrasi, Joe Biden Undang 120 Kepala Negara

KTT untuk Demokrasi, Joe Biden Undang 120 Kepala Negara
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (AP Photo/Andrew Harnik)

Analisadaily.com, Washington - Joe Biden telah memperbanyak undangan kepada 120 pemimpin global untuk KTT Demokrasi pekan depan, termasuk perwakilan dari delapan negara yang tidak diundang pada pertemuan perdana Gedung Putih tahun 2021.

Itu menurut seorang pejabat administrasi senior, yang berbicara kepada The Associated Press dengan syarat anonimitas untuk membahas undangan yang belum dirilis ke publik.

Negara-negara Bosnia dan Herzegovina, Gambia, Honduras, Pantai Gading, Lichtenstein, Mauritania, Mozambik, dan Tanzania memperpanjang undangan ke KTT tahun ini setelah tidak disertakan dalam daftar undangan pertemuan tahun 2021.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam acara pra-puncak pada Selasa (28/3) yang berfokus pada Ukraina dengan Menteri Luar Negeri, Antony Blinken.

Dilansir dari AP dan Channel News Asia, Jumat (24/3), KTT tahun ini berlangsung Rabu dan Kamis depan. Ini akan diselenggarakan bersama oleh pemerintah Kosta Rika, Belanda, Korea Selatan dan Zambia. Hari pertama KTT akan menjadi format virtual dan akan diikuti oleh pertemuan hybrid di masing-masing negara tuan rumah dengan partisipasi perwakilan dari pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta.

Dunia telah melihat perubahan besar sejak KTT Desember 2021 dengan negara-negara yang bangkit dari pandemi global dan invasi Rusia ke Ukraina, perang berskala terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II yang telah menghancurkan negara Eropa timur tersebut dan mengguncang ekonomi global.

"Presiden Joe Biden akan memastikan bahwa peristiwa tahun lalu telah benar-benar melegakan bahwa pemerintahan demokratis yang didasarkan pada supremasi hukum dan kehendak yang diperintah tetap, meskipun sering berantakan, sistem terbaik untuk mempromosikan kemakmuran dan perdamaian," menurut pejabat Gedung Putih.

Biden awalnya mengusulkan gagasan KTT demokrasi selama kampanyenya tahun 2020 dan telah berulang kali menyatakan bahwa AS dan sekutu yang berpikiran sama perlu menunjukkan kepada dunia bahwa demokrasi adalah kendaraan yang lebih baik bagi masyarakat daripada otokrasi.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi