Mahasiswa UNA Partisipasi Pembuatan Desain Opak

Mahasiswa UNA Partisipasi Pembuatan Desain Opak
Mahasiswa UNA Partisipasi Pembuatan Desain Opak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Mahasiswa Universitas Asahan (UNA) Fakultas Ekonomi berpartisipasi dalam pembuatan desain Opak Opik dengan tujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Desa Aek Bamban, Kecamatan Aek Songsongan, dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Sebelum berpartisipasi dalam pembuatan desain itu dilakukan, sejumlah mahasiswa terlebih dahulu bersilaturahmi dengan pengusaha opak apik dan selanjutnya membantu pihak pengusaha untuk membuat desain dari UMKM tersebut.

"Mahasiswa yang mengikuti KKNT Fakultas Ekonomi Desa Aek Bamban mengunjungi dan bersilaturahmi dengan salah satu rumah warga yang merupakan pengusaha dan pembuat opak goreng yang termasuk kedalam UMKM desa Aek Bamban, kunjungan tersebut sekaligus untuk berinovasi dalam merancang program kerja KKNT," kata Akbar selaku Ketua KKNT, Jumat (7/4).

Pengusaha opak goreng, Simi mengatakan, ada banyak pembuat opak goreng di desa Aek Bamban, kelompok KKNT UNA Fakultas ekonomi mengunjungi usaha opak goreng memproduksi opak goreng ini setiap hari dari mulai pembuatan adonan penggorengan, pengemasan sampai penjualan.

"Opak goreng ini dijual ke pasar tradisional dan warung-warung, produk yang dijual bisa mentah atau matang sesuai dengan pesanan. Bahan-bahannya terbuat dari tepung tapioka dan kelapa yang sudah di parut, selanjutnya dijual dengan harga per bungkus Rp 10 ribu," kata Simi.

Dosen pembimbing, Saleh Melawat mengatakan, kegiatan KKNT ini adalah kegiatan yang langsung turun kelapangan untuk membantu pengusaha UMKM yang ada di Asahan.

"Ada enam kelompok yang ikut KKNT di kecamatan Aek Songsongan ini, yang langsung membantu masyarakat yang memiliki UMKM dalam hal mempromosikan dengan memberikan lebel atau logo yang dibuat oleh mahasiswa fakultas ekonomi yang ikut KKNT," kata Saleh.

Dia pun berharap dengan mahasiswa yang KKNT Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNA Fakultas Ekonomi, kegiatan ini dapat membantu dan memberi manfaat bagi UMKM di Desa Aek Bamban, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

"Kepada mahasiswa yang KKNT berikan manfaat kepada masyarakat dalam hal apapun khususnya membantu meningkatkan pemasaran hasil produksi UMKM," harapnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi