Rusia Ingatkan Korea Selatan Agar Tidak Mengirim Senjata ke Ukraina

Rusia Ingatkan Korea Selatan Agar Tidak Mengirim Senjata ke Ukraina
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia dan ketua partai Rusia Bersatu, Dmitry Medvedev memimpin pertemuan di kediaman Gorki, di luar Moskow, pada 30 Maret 2023. (AP/Sputnik/Ekaterina Shtukina)

Analisadaily.com, Moskow - Rusia memperingatkan Korea Selatan agar tidak mengirim senjata ke Ukraina setelah Seoul membuka pintu untuk kemungkinan bantuan militer ke Kyiv jika terjadi serangan sipil skala besar. Sekutu Washington, Seoul telah memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina, tetapi sejauh ini mengesampingkan bantuan militer.

"Jika ada situasi yang tidak dapat dimaafkan oleh komunitas internasional, seperti serangan skala besar terhadap warga sipil, mungkin sulit bagi kita untuk bersikeras hanya pada kemanusiaan atau keuangan," kata Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol kepada Reuters dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Kamis (20/4).

Kremlin mengatakan bahwa dimulainya pasokan senjata berarti keterlibatan tidak langsung dalam konflik Ukraina.

"Sayangnya Seoul telah mengambil sikap yang agak tidak bersahabat. Awal pasokan senjata secara tidak langsung berarti tahap keterlibatan tertentu dalam konflik ini," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Pernyataan itu juga mendapat peringatan dari mantan pemimpin Rusia, Dmitry Medvedev, yang menjabat sebagai presiden antara 2008 dan 2012.

Medvedev mengatakan bahwa Moskow dapat membalas dan mengirim senjata ke Korea Utara, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Saya ingin tahu apa yang akan dikatakan penduduk negara ini ketika mereka melihat senjata Rusia terbaru dengan tetangga terdekat mereka, mitra kami dari DPRK," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi