Kemitraan dengan BUMN Diharap Tingkatkan Ekonomi Pelaku UMKM

Kemitraan dengan BUMN Diharap Tingkatkan Ekonomi Pelaku UMKM
Rapat Koordinasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs (Sustainable Development Goals) Kota Tebing Tinggi, Sabtu (13/5) (Analisadaily/Chaidir Chandra)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Penjabat Wali Kota Tebingtnggi, Muhammad Dimiyathi, berharap Pemko Tebingtinggi dapat menjalin kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu pendanaan pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga mampu memajukan perekonomian.

"Apa yang kita programkan kedepannya, terus ditindaklanjuti, bermitra dengan BUMN supaya ekonomi kita bisa lebih baik," kata Dimiathi saat rapat koordinasi di Aula Bappeda Jalan Delima, Kota Tebingtinggi, Sabtu (13/5).

Sejalan dengan itu, tekad dan kemauan yang besar merupakan kunci untuk mengembangkan perekonomian khususnya sektor UMKM di Kota Tebingtinggi.

"Tidak ada yang tidak mungkin, tapi yang penting adanya tekad dan kemauan. Yakinlah, memang membangkitkan sesuatu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengembangkan ekonomi rumah, khususnya UMKM mempunyai proses tantangan dan butuh waktu," imbuhnya.

Kota Tebingtinggi terpilih sebagai Kota Terbaik ke-2, dari 74 Kota yang terdaftar dalam program "Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities Tahun 2022", diberikan PT. Surveyor Indonesia, APEKSI dan Kementerian PPN/Bappenas Sekretariat Nasional SDGs, pada bulan Desember tahun 2022.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Tebingtinggi, Herliaminda Dimiyathi, mengungkapkan Kota Tebingtinggi hanya memiliki sedikit potensi untuk perekonomian. Tapi, hal tersebut tidak menyurutkan upaya untuk menggali potensi yang bisa dikembangkan.

"Kita tidak memiliki lautan, perikanan dan sangat sedikit potensi yang ada. Masih kurangnya pelatihan untuk mengembangkan potensi yang ada guna memajukan perekokomian di Kota Tebingtinggi, khususnya di UMKM serta kurang bisa berkompetitif dan dari segi produksi harga yang dipasarkan masih relatif mahal," kata dia.

"Tetapi kita memiliki berbagai macam produk UMKM, baik dari segi kain songket dan tenun kemudian eco print batik. Dan, dari segi makanan yang begitu banyak bervariasi. Bagaimana, kita memajukan UMKM di Kota Tebingtinggi. Kita harus mampu bersaing di pasar Nasional maupun Internasional, dengan SDM yang bisa kita tingkatkan," pintanya.

(CHA/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi