Pekan Investasi dan Inovasi Sumatera Utara, RSI Gelar Cooking Class

Pekan Investasi dan Inovasi Sumatera Utara, RSI Gelar Cooking Class
Pekan Investasi dan Inovasi Sumatera Utara, RSI Gelar Cooking Class (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Regal Springs Indonesia (RSI) menggelar cooking class di booth RSI pada acara Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara di Istana Maimun, Rabu (24/5).

Chef Yadi yang diundang RSI membuat aneka menu berbahan utama fillet ikan tilapia produksi PT RSI. Chef yang didampingi moderator dan Ratna Yudithtya selaku Senior Marketing Manager RSI, menjelaskan secara detail olahan Arsik Ikan Fillet Tilapia.

Sejumlah pengunjung terlihat serius dan antusias mengikuti setiap tahapan dan penjelasan yang disampaikan Chef Yadi.

Olahan bumbu arsik khas Sumut yang menggunakan andaliman, kecombrang, dan bahan lainnya itu, tentu saja menebarkan aroma khusus yang ternyata mampu mengundang banyak pengunjung untuk mampir di booth tersebut.

Tak sia-sia, para pengunjung ini pun langsung bisa menikmati olahan Arsik Ikan Tilapia yang dibagikan secara gratis. Daging ikan tilapia berkualitas diolah oleh chef profesional dan berpengalaman ini menjadi sajian yang istimewa.

Bahkan, seorang pengunjung booth menyebut, baru sekali ini menikmati hidangan olahan ikan yang sungguh enak dengan cita rasa khas bumbu arsik.

“Sebenarnya saya kurang suka dengan ikan nila karena amis dan bau tanah, tapi yang ini benar-benar enak, tak ada bau sama sekali,” ujar ibu pengunjung yang juga seorang PNS di jajaran Pemprov Sumut ini.

Hal senada disampaikan pengunjung yang ternyata adalah seorang ASN di Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Dalam testimoninya, ia mengatakan, olahan Arsik Ikan Tilapia yang disajikan Chef Yadi, selain berbumbu dengan citarasa gurih, lemak, dan lezat, ikannya juga kenyal namun lembut serta enak. Hal ini turut diamini rekan-rekannya satu rombongan.

Selain membuat sajian Arsik Ikan Tilapia, dalam kesempatan tersebut Chef Yadi juga mempertunjukkan cara membuat Ikan Goreng Tepung Bumbu Bawang Putih.

Untuk olahan ini, selain bahan utama fillet ikan tilapia RSI, terdapat juga bawang putih cincang, lada putih bubuk, kecap asin, terpung terigu protein tinggi, serta perasan jeruk nipis, dan air es.

Langkah pertama, fillet ikan tilapia dipotong sesuai selera. Selanjutnya dimarinasi dengan campuran lada putih, kecap asin, dan bawang putih cincang. Setelah itu, dibaluri dengan perasan jeruk nipis. Bahan ini dibiarkan selama kurang lebih selama 4-5 menit.

Tahapan selanjutnya, marinasi ikan diguling-gulingkan ke dalam tepung kering, dicelup ke dalam air es dan digulingkan kembali ke tepung kering. Ikan siap digoreng ke minyak yang telah dipanaskan.

Penggunaan air es untuk memunculkan tepung keriting di permukaan ikan sehingga saat matang nanti akan menghasilkan ikan goreng dengan baluran tepung krispi yang lezat.

Setelah masakan selesai, Chef Yadi kembali membagikannya kepada pengunjung. Menu ini kembali disambut antusias pengunjung.

Menurut Eva, salah satu pengunjung, ikan goreng yang dibuat Chef Yadi ini, sangat enak.

“Krispi tepungnya, kok beda yang sama goreng sendiri, lembek,” demikian ujarnya.

Dikatakan Chef Yadi, metode ini, juga bisa diterapkan untuk udang, ayam, atau lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ratna Yudithtya selaku Senior Marketing Manager RSI mengatakan, acara cooking class ini akan digelar selama acara ini berlangsung yaitu pada 24-26 Mei 2023.

Di boothnya ini, RSI juga menjual fillet ikan tilapia beku yang ditawarkan dengan harga ekonomis.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi