Info Haji 2023

Banyak Jemaah Tersesat di Madinah

Banyak Jemaah Tersesat di Madinah
Petugas PPIH bidang MCH menggendong jemaah calon haji asal Aceh yang tidak kuat jalan dari Masjid Nabawi usai Salat Jumat (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Madinah - Para jemaah haji yang melaksanakan Salat Jumat pertama di Masjid Nabawi Madinah banyak yang tidak tahu pulang ke penginapannya. Bahkan ada yang hilang sandal usai melaksanakan Salat Jumat.

Fenomena lain, jemaah juga banyak tak kuat jalan karena memaksakan salat di Masjid Nabawi. Terkait kondisi ini, terpaksa para petugas PPIH Arab Saudi kewalahan membantu jemaah yang tersesat, bahkan sempat ada yang digendong sampai ke penginapan.

"Iya, ada jemaah lansia, Kloter Aceh usai salat tidak kuat jalan, karena tak ada kursi roda, kami gendong hingga ke penginapan," terang Nafisul Qodar, PPIH Daker Bandara yang kebetulan usai Salat Jumat bertemu di pintu 327 Masjid Nabawi, Jumat (26/5).

Kata dia, banyak hal seperti itu, jemaah yang membutuhkan bantuan karena lupa alamat.

Senada disampaikan Danil, petugas PPIH lainnya. Ia mengaku fenomena jemaah hanya lupa alamat hotel, sehingga membuat jemaah jalan-jalan tak tentu arah, beruntung banyak petugas sehingga para jemaah dapat pulang ke penginapan.

"Ada 4 jemaah bertanya jalan menuju penginapan, dan kita antar sehingga mereka tidak tersesat,” pungkasnya.

Hal seperti ini biasa terjadi, di mana para jemaah baru 1 hari tiba di Madinah maka belum mengenali sekeliling mereka dan tiba-tiba keluar.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi