3 Dokter Spesialis Layani Pengobatan Gratis Masyarakat Angkola Selatan

3 Dokter Spesialis Layani Pengobatan Gratis Masyarakat Angkola Selatan
Dokter Spesialis Layani Pengobatan Gratis Masyarakat Angkola Selatan (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Angkola Selatan - PT Agincourt Resources (AR) pengelola Tambang Emas Martabe Batangtoru bekerja sama RSUD Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar program Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Puskesmas Simarpinggan Kecamatan Angkola Selatan, Sabtu (27/5).

Manager Community Development PT AR, Rohani Simbolon mengatakan, 3 dokter spesialis didatangkan pada kegiatan ini yakni dokter spesialis anak dr Syahreza Hasibuan SpA, dokter spesialis kandungan dr Ryan Andrian SPOG dan dokter spesialis penyakit dalam dr Abdus Somad Harahap SpPD.

Dikatakan, dalam kegiatan itu total 147 warga berhasil dilayani dengan baik dengan rincian dokter spesialis anak melayani 26 warga, dokter spesialis kandungan melayani 38 warga dan dokter spesialis penyakit dalam melayani 83 warga.

"Sebelumnya pelayanan pengobatan gratis telah dilaksanakan di Desa Bandar Tarutung, Kecamatan Angkola Sangkunur. Kemudian pada 19 Maret 2023 di Desa Biru Kecamatan Aek Bilah juga menghadirkan ketiga dokter spesialis dan berhasil melayani 173 warga mencakup ibu hamil, bayi, balita, lansia dan warga usia produktif," katanya.

Dijelaskan, program Bakti Sosial Layanan Dokter Spesialis merupakan bentuk komitmen PTAR di bidang kesehatan menjangkau desa-desa yang rentan dengan akses pelayanan kesehatan masyarakat seperti rumah sakit.

"Direncanakan Program Bakti Sosial Layanan Dokter Spesialis digelar di enam Kecamatan di Tapsel, dimana di tiga kecamatan telah terlaksana dengan baik yakni Angkola Sangkunur, Aek Bilah dan Angkola Selatan," terangnya.

Ditambahkan, pelayanan 3 dokter spesialis telah dilaksanakan secara rutin di Puskesmas Batangtoru meliputi pelayanan kesehatan masyarakat dari 2 kecamatan yaitu Batangtoru dan Muara Batangtoru.

Program penyediaan layanan dokter spesialis di Puskesmas besutan PT AR, lanjutnya, sudah dilakukan efektif sejak 2020. Di Puskesmas Batantoru, PT AR mendatangkan Spesialis Ginekolog, Pediatri, internis serta memberikan obat-obatan gratis atas resep dokter dan donasi peralatan penunjang pelayanan dokter spesialis.

"Pada tahun 2022 sebanyak 39.108 pasien telah mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis," katanya.

Lebih lanjut Rohani mengatakan, program penempatan dokter spesialis di Puskesmas ini bahkan menyabet Penghargaan Emas dalam Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022.

Plt Kadiskes Tapsel, dr Rudi Harahap mengatakan, program tersebut terlaksana atas sinergitas dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan PT AR.

"Kegiatan bidang kesehatan bisa semakin ditingkatkan ke depannya, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi