Info Haji 2023

Meski Tunanetra, Tak Surutkan Tekad Darmiah Ibadah Haji

Meski Tunanetra, Tak Surutkan Tekad Darmiah Ibadah Haji
Meski Tunanetra, Tak Surutkan Tekad Darmiah Ibadah Haji (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Madinah - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 8 (BTJ) Aceh sebanyak 386 orang. Seorang diantaranya jemaah kategori lansia tunanetra (buta) namun tekadnya tetap kuat untuk menunaikan ibadah haji.

Darmiah yang saat ini berusia 67 tahun, keluar dari pintu pemeriksaan Imigrasi Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah menggunakan kursi roda dan kaca mata hitam.

Saat mengambil alih kursi rodanya untuk didorong keluar dari Terminal Haji menuju mobil yang akan membawanya ke paviliun bandara, tak menyangka Darmiah tak bisa melihat.

Namun setelah berbincang, Darmiah mengungkapkan bahwa dia sudah lama tidak bisa melihat. Darmiah mengalami buta sejak 6 tahun terakhir akibat penyakit glukoma. Saat mendaftar haji 11 tahun lalu dia masih bisa melihat.

"Sudah enam tahun. (Saat daftar haji) masih sehat, masih bisa melihat," ujarnya, Rabu (31/5) di Bandara AMMA Madinah.

Darmiah mengungkapkan berasal dari Lhoksukon, Aceh Utara. Dia berangkat ibadah haji bersama suami dan adiknya.

Selama penerbangan dari Aceh sampai Madinah, Darmiah mengungkapkan kondisinya sehat. Namun saat keluar dari pesawat, Darmiah terpisah dari keluarganya. Ia sempat mencari suami dan adiknya saat berada di luar terminal bandara.

Meski terpisah dari keluarga, namun Darmiah tetap didampingi petugas hingga naik dan duduk di dalam bis yang akan mengantarnya ke hotel tempatnya menginap di Madinah.

Saat ditanya bagaimana perasaan dan harapannya setelah tiba di Madinah, ia mengatakan sangat senang. "Semoga jadi haji mabrur, sehat badan," harapnya.

Jemaah haji embarkasi Aceh (BTJ) kloter 8 tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah, pada Rabu (30/5) pukul 10.30 waktu Arab Saudi.

Ketua kloter BTJ 8 Munzir mengatakan, jemaahnya 386 termasuk petugas. Dari jumlah itu, sebanyak 180 orang merupakan lansia, dimana yang menggunakan kursi roda sebanyak 19 orang, namun yang membawa dari Tanah Air hanya 3 jemaah.

Di dalam kloter ini juga terdapat pasangan suami istri yang sudah lansia, dan menjadi jemaah haji tertua di kloter BTJ 8.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi