MBI Tebingtinggi Gelar Waisak Fair 2023

MBI Tebingtinggi Gelar Waisak Fair 2023
MBI Tebingtinggi Gelar Waisak Fair 2023 (Analisadaily/Chaidir Chandra)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Penjabat Wali Kota Tebingtinggi diwakili Asisten Administrasi Umum, Syah Irwan, membuka Waisak Fair 2023 di lapangan terbuka Yayasan Perguruan Nasional Ir H Djuanda, Jalan Thamrin, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi, Jumat (2/6).

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kota Tebingtinggi, dr. Sim Siyen mengatakan, pada acara ini pihaknya mengadakan bazar dengan jumlah 60 stand. Juga mengadakan kegiatan tari-tarian dan lomba got talent yang pesertanya dari murid-murid Sekolah Djuanda Kota Tebingtinggi.

"Saya mengucapkan selamat Hari Raya Waisak bagi yang beragama Buddha, semoga kita diberikan keberkahan dan kesuksesan," kata Sim Siyen.

Menurut Ketua MBI, dalam kegiatan ini pihaknya mengambil tema "Harmonis Masyarakat, Damai Negaranya". Waisak merupakan hari suci ummat Buddha di seluruh dunia. Waisak ditandai sebagai tiga peristiwa penting yang terjadi pada sang Buddha Gautama atau Guru Agung bagi umat Buddha.

Tiga peristiwa tersebut ditandai dengan kelahiran sang Buddha Gautama yang berjalan menuju pencerahan sempurna serta keberangkatan sang Buddha. Tiga peristiwa tersebut, kemudian dikenal sebagai Hari Tri Suci Waisak.

Ketua DPRD Kota Tebingtinggi, Basaruddin Nasution, mengapresiasi kegiatan Waisak Fair 2023 ini. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan Waisak Fair 2023 bagi masyarakat Tebingtinggi beragama Buddha, sehingga menjalin hubungan silaturahmi yang baik," ucap Basaruddin.

Bahkan, dia menantang Ketua MBI, dr. Sim Siyen untuk acara kedepannya dilaksanakan semakin meriah. Bila tidak ada halangan, acara Waisak Fair 2024 diadakan di Lapangan Sri Mersing Kota Tebingtinggi. Dalam acara pembukaan Waisak Fair 2023 disajikan tarian Batak, sehingga membuat Kota Tebingtinggi bertoleransi suku yang kuat.

Asisten Administrasi Umum Kota Tebingtinggi, Syah Irwan mengatakan, Pemko Tebingtinggi sangat senang dengan diadakannya Waisak Fair 2023. Ada manfaatnya bagi masyarakat Kota Tebingtinggi, terkhusus yang beragama Buddha.

Menurut Syah Irawan, dengan dilibatkannya UMKM dalam acara ini dapat menciptakan pertumbuhan Ekonomi yang baik di Kota Tebingtinggi. Semoga tahun depan kegiatan Waisak Fair diadakan lebih meriah, sehingga dapat dinikmati seluruh masyarakat Tebingtinggi.

(CHA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi