Pelindo Kirimkan UMK Binaan di Acara PRSU, Ditargetkan Ikuti Gedor Ekspor

Pelindo Kirimkan UMK Binaan di Acara PRSU, Ditargetkan Ikuti Gedor Ekspor
Pelindo Kirimkan UMK Binaan di Acara PRSU, Ditargetkan Ikuti Gedor Ekspor (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelindo regional l Sumatera Utara kirimkan Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan , selama 32 hari di acara pekan raya Sumatera Utara (PRSU) di kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Ada 5 UMK yang dikirim oleh Pelindo dalam kontribusi di acara perayaan PRSU ini, kemudian 4 UMK lainya menjual jenis makanan dan satu pakaian.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional l Sumut, Kasih Dwi Yanti mengatakan, para UMK ini dikirim oleh Pelindo untuk meningkatkan daya saing para UMK yang selama ini telah dibina oleh Pelindo.

"Supaya UMK bisa melihat bagaiman UKM lain yang ada di sini, dalam meningkatkan produk dan branding," katanya, Selasa (20/6).

Dengan begitu para UMK ini bisa menjadikan referensi maupun evaluasi kedepannya untuk melihat situasi pasar agar bisa bersaing ke pasar nasional.

"Kalau tidak seperti ini kita tidak bakal tahu sejauh apa kemampuan mereka, dan mereka bisa lihat juga teman-teman yang berjualan di sini," ucap Dwi.

Selain itu, Dwi menyebutkan bahwa para UMK binaan Pelindo saat ini sudah merambah ke pasar digitalisasi guna meningkatkan daya jual produknya.

"Mereka sudah berinovasi sendiri menawarkan produknya ke platform media sosial, sehingga tidak kalah menarik dengan yang lainnya," tuturnya.

Ia juga menargetkan, ke depan UKM yang menjadi binaan Pelindo dapat bersaing ke pasar nasional hingga internasional.

"Supaya mereka ini ikut Gedor (gerakan dorong) ekspor UMK kemudian dan bisa ikut ke pameran yang ada di Jakarta," ujarnya.

Ia berharap UMK yang mengikuti acara PRSU 2023 ini dapat menjadi pelaku usaha global yang berorientasi ekspor melalui Global Value Chain maupun Global E-commerce.

Diketahui sebelumnya, acara PRSU ini sempat vakum pada 2019-2022 karena dilanda Covid-19 yang terpaksa menghentikan acara ini.

Setelah tiga tahun vakum akhirnya Pemprov Sumut kembali menggelar acara PRSU yang ke-49. Acara PRSU ini pun digelar mulai dari tanggal 16 Juni-17 Juli tahun 2023 dan dimeriahkan oleh sejumlah artis ibu kota untuk menghibur warga Sumut.

Sebanyak 150 tenant berpartisipasi untuk mengikuti acara ini dengan semangat juang, dan acara PRSU ini ditargetkan sebanyak 400-600 ribu pengunjung yang hadir.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi