890 Peserta Ikuti UTBK Mandiri Polmed

890 Peserta Ikuti UTBK Mandiri Polmed
Wakil Direktur Bidang Akademik, Roslina dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Delisma Siregar, bersama jajarannya meninjau pelaksanaan UTBK jalur Mandiri di Polmed, Sabtu (24/6). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 890 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) jalur Mandiri Tahun Akademik 2023/2024 Politeknik Negeri Medan (Polmed). UTBK jalur Mandiri ini dilaksanakan secara luring pada 24-25 Juni 2023.

"UTBK ini merupakan tahap terpenting dalam proses seleksi calon mahasiswa untuk bergabung di Polmed," ujar Wakil Direktur Bidang Akademik Polmed, Dr Roslina MIT dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Delisma Siregar ST MT saat meninjau proses pelaksanaan UTBK Mandiri di kampus politeknik ini, Sabtu (24/6).

Pelaksanaan UTBK di Polmed diwarnai antusiasme peserta ujian yang sudah hadir sejak pukul 05.30 WIB. UTBK berlangsung di beberapa lokasi di kampus ini, yaitu di Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Komputer dan Informatika, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Bisnis, dan Jurusan Teknik Elektro.

Roslina dan Delisma Siregar didampingi jajaran yang turut meninjau memastikan pelaksanaan UTBK berjalan sesuai aturan yang ditetapkan, baik dalam hal penyelenggaraan tes maupun sistem keamanan ujian untuk mencegah terjadinya kecurangan.

"Sebanyak 890 calon mahasiswa yang mengikuti UTBK Mandiri. Harapan saya, semoga calon mahasiswa yang mengikuti UTBK ini memang sesuai minat masing-masing calon mahasiswa dalam memilih program studi," paparnya.

Pada UTBK Mandiri ini, peserta dapat memilih program studi yang ada di Polmed, yakni Teknik Mesin, Teknik Konversi Energi, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Sipil, Administrasi Bisnis, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Manajemen Rekayasa Konstruksi dan Gedung.

Kemudian Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Pabrikasi, Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi, Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis, Keuangan dan Perbankan Syariah, Akuntansi Keuangan Publik, Manajemen Bisnis, dan Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE).

Selain itu, peserta juga dapat memilih program studi di luar Polmed melalui Lintas Politeknik. UTBK ini juga dilakukan serentak dengan politeknik negeri se-Indonesia.

Setelah ujian, hasil seleksi akan diumumkan melalui website resmi Polmed yaitu polmed.ac.id pada 30 Juni 2023. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan diundang untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi