Info Haji 2023

Jutaan Jemaah Haji Lempar Jumrah di Hari Tasyrik

Jutaan Jemaah Haji Lempar Jumrah di Hari Tasyrik
Jemaah Haji Indonesian saat melempar jumrah (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Mina - Jutaan jemaah haji dari berbagi negara mulai melempar jumrah pada hari tasyrik sejak 11, 12 hingga 13 Dzulhijjah 1444 Hijriah/2023 M. Pantauan Kamis (29/6) di areal jamarat tempat jumrah, para jemaah tumpah ruah ke jalan, baik yang pulang dan pergi untuk melontar jumrah ula, wustha, dan aqobah.

Untuk antisipasi jemaah asal Indonesia yang hendak melempar jumrah, petugas PPIH Arab Saudi ditebar di titik-titik tertentu untuk antisipasi jemaah yang tertinggal dari rombongan atau kesasar dan kelelahan hendak pulang ke maktab.

Sementara jemaah haji Indonesai yang melempar jumrah napar awal akan melakukan pada 12 Dzulhijjar, sementara jemaah nafar sani masuk di tanggal 13 Dzulhijjah.

Mobil Golf Layani Jemaah Haji Indonesia di Mina

Sementara mobil golf untuk jemaah haji Indonesia di Mina mulai beroperasi hari ini. Kehadiran moda kendaraan tersebut untuk membantu jemaah dalam menjalankan ibadah haji.

Dari pantauan di lokasi, mobil golf tersebut beroperasi di Bridge 04. Jembatan yang menghubungkan Maktab 53 dengan Maktab 73, tepatnya di atas terowongan menuju jamarat.

Mobil tersebut mengangkut beberapa orang jemaah haji yang terpisah dari rombongannya dan tersesat jauh dari maktabnya seusai melempar jumrah di jamarat.

Kasi Layanan Lansia Satgas Mina, Arief Nurawi mengatakan, jemaah haji yang kesasar tersebut diangkut dengan menggunakan mobil golf. Arief juga mengatakan, pengoperasian mobil golf ini untuk mengangkut jemaah haji merupakan yang perdana.

"Ini tindak lanjut dari kesepakatan sebelumnya, saya kira patut diapresiasi," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi