Info Haji 2023

Viral Kloter 22 KNO Disebut Tertahan di Muzdalifah, Ini Penjelasan Jasrul

Viral Kloter 22 KNO Disebut Tertahan  di Muzdalifah, Ini Penjelasan Jasrul
Ketua Kloter 22 KNO, Jasrul Lubis, bersama pembimbing ibadah dan dokter kloter (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Mekkah - Viral di media sosial (medsos) jemaah haji Indonesia Kloter 22 Embarkasi Medan (KNO 22) disebut tertahan dan kelaparan karena tidak dijemput di Muzdalifah saat ke Mina, Ketua Kloter KNO 22, Jasrul Lubis, beri penjelasan.

"Tertahan dan kelaparan, bahkan disehut banyak pingsan jemaah lansia, informasi itu kurang benar. Ada keterlambatan iya, tetapi hanya sebentar saja, tidak sedasyat yang disebutkan," kata Jasrul didampingi pembimbing ibadah, Kamaluddin Siregar, dan Dokter Kloter, Zulham Ali Wardana Ritonga, Jumat (30/6).

Kata Jasrul, bersama petugas lainnya, saat itu mereka ikut menyertai dan membimbing jamaah. Pada saat pendorongan dari Arafah ke Mina cukup lancar dan terkendali. Terkait masalah di lapangan, ada cobaan dan rintangan, apalagi banyak jemaah saat ini lansia.

Dijelaskan, mereka berangkat bersama jemaah dari Muzdalifah pukul 07.00 WAS, dan berjalan lancar. Namun menjelang pukul 10.00 WAS bus yang dari Taraddodi menuju Mina belum juga datang, infonya keterbatasan bus dan kemacetan di jalan. Sementara trik panas luar biasa mengakibatkan jamaah banyak yang kepanasan.

"Sekitar 2 karom jemaah saya termasuk dokter, paramedis dan PHD masih di Muzdalifah sampai pukul 13.00 WAS. Namun setelah itu, lancar seluruh jemaah Kloter 22 KNO lengkap kumpul di Mina. Insya Allah sejauh ini seluruh jemaah sudah menyelesaikan rukun dan wajib haji," terang Jasrul.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi