22 Kasus Zika di Singapura Pada Paruh Pertama 2023

22 Kasus Zika di Singapura Pada Paruh Pertama 2023
Nyamuk Aedes aegypti (AFP/Miguel SCHINCARIOL)

Analisadaily.com, Singapura - Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Grace Fu, mengatakan ada 22 kasus Zika di Singapura pada semester pertama tahun ini. Sebanyak 15 kasus ditemukan di sebuah cluster di Kovan. Klaster sekarang ditutup dan saat ini dalam pengawasan, sementara tujuh kasus lainnya diisolasi. Angka yang dilaporkan adalah pada 30 Juni.

"Badan Lingkungan Nasional sedang memantau situasi dengan cermat dan akan terus bekerja dengan para pemimpin akar rumput dalam upaya penjangkauan di dalam dan sekitar tempat di mana kasus Zika dilaporkan," kata Ms Fu dalam jawaban tertulis atas pertanyaan Anggota Parlemen Melvin Yong (PAP-Radin Mas).

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (5/7), Mr Yong telah mengajukan pertanyaan Parlemen untuk meminta pembaruan tentang situasi Zika di Singapura, dan apakah Proyek Wolbachia dapat digunakan untuk memerangi Zika bersama demam berdarah.

Di bawah Proyek Wolbachia, nyamuk Aedes aegypti jantan yang membawa bakteri Wolbachia dilepaskan di lingkungan perkotaan. Mereka kawin dengan nyamuk Aedes aegypti betina sehingga telur yang dihasilkan tidak menetas karena tidak cocok.

Ini akan mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti perkotaan dari waktu ke waktu dan mengurangi potensi penyebaran penyakit seperti demam berdarah.

"Virus Zika ditularkan terutama oleh nyamuk Aedes aegypti yang sama, sehingga Proyek Wolbachia berpotensi mengurangi risiko wabah Zika juga," kata Ms Fu menanggapi pertanyaan Mr Yong.

Namun dia menekankan Proyek Wolbachia dimaksudkan untuk melengkapi dan tidak menggantikan tata graha yang baik dan tindakan pencegahan dasar yang mencegah perkembangbiakan nyamuk.

“Saat ini kita sedang berada di tengah musim DBD. Saya menghimbau kepada seluruh warga untuk memastikan rumah dan lingkungannya bebas dari genangan air, serta melakukan tindakan pencegahan jika bertempat tinggal di daerah klaster DBD, seperti menyemprotkan insektisida di sudut-sudut gelap, pengaplikasian pembasmi serangga. penolak dan mengenakan lengan panjang dan celana," kata Ms Fu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi