Hilang Paspor di Jeddah, Seorang Jemaah Haji Aceh Ditunda Pulang

Hilang Paspor di Jeddah, Seorang Jemaah Haji Aceh Ditunda Pulang
Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter 01-BTJ tiba di Bandara Internasional SIM, Rabu (5/7) dini hari tadi. (Analisadaily/Muhammad Saman)

Mekkah, Analisadaily.com - Seorang jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01-BTJ mengalami kehilangan paspor di Jeddah, Arab Saudi saat mau diberangkatkan pulang ke Tanah Air.

Akibatnya, jemaah haji asal Kabupaten Aceh Besar tersebut ditunda pulang ke Aceh pada Rabu dini hari (5/7).

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari membenarkan ada seorang jemaah dari Aceh Besar yang ditunda pulang bersama kloter 01-BTJ karena kehilangan paspor di Jeddah.

"Tapi, karena Surat Keterangan Pengganti Paspor (SKPP) sudah ada, ia akan pulang bersama jemaah kloter 03-BTJ nanti," kata Azhari.

Sebanyak 392 jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01-BTJ telah tiba di Banda Aceh, Rabu, 5 Juli 2023.

Azhari mengatakan bahwa jemaah kloter 1 check out dari hotel di Mekkah sejak Selasa (4 Juli) pukul 10.00 waktu setempat untuk diberangkatkan ke Jeddah.

Jemaah kloter 1 yang terdiri atas 171 laki-laki dan 221 perempuan, berasal dari kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie Jaya. Mereka berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz (JED) pukul 15.18 Waktu Arab Saudi dan tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) pada pukul 03.17 WIB.

Azhari juga mengatakan ada 2 jemaah kloter 1, yaitu Anwar Usman dan Al Marhamah yang mutasi ke kloter 04-BTJ, karena ada jemaah yang mutasi masuk dari Embarkasi Jakarta (JKS 72), yaitu Usman Ali dan Muhammad Sanusi Basyah.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi