Barang Bawaan Jemaah yang Wafat Dikirim Melalui Kloter

Barang Bawaan Jemaah yang Wafat Dikirim Melalui Kloter
Jemaah Kloter 8 embarkasi Kualanamu International Airport (KNIA) saat pulang melalui Bandar Udara Internasional Raja Abdul Aziz (KAIA) Jeddah, Selasa (11/7). (Analisadaily/Kali H Harahap)

Analisadaily.com, Jeddah - Barang bawaan jemaah yang wafat di Arab Saudi dipastikan dikembalikan pada keluarga di tanah air. Pemulangan dititip melalui kelompok terbang (kokter) jemaah itu sendiri.

"Semua barang-barang jemaah haji yang wafat pasti dipulangkan, kita titip melalui ketua kloter atau kalau ada melalui keluarga"Kata Kepala Daerah Kerja (Ka Daker) Bandara Haryanto,Kamis (13/7).

Kata dia, sejauh ini proses pemulangan hari ke 10, jemaah haji lewat Bandara king Abdulaziz Internasional Jeddah sudah mulai normal tidak seperti sebelumnya, kendati ada penundaan (delay) penerbangan tetapi sebelumnya sudah ada koordinasi dengan pihak maskapai.

Artinya, jemaah menunggu di penginapan tidak cepat di dorong ke Bandara sehingga mereka tidak terlalu lama menunggu seperti sebelumnya. Disoal, barang bawaan jemaah menurutnya juga tidak ada masalah lagi, sudah tersosialisasikan aturan bagasi.

"Terkait ketentuan barang bawaan awalnya memang terkendala banyak tertinggal karena melebihi ketentuan, tetapi seiring waktu pemulangan hingga saat ini sudah aman dan lancar," pungkasnya.

Sementara sesuai data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) PPIH Arab Saudi, jemaah haji Indonesia wafat hingga pukul 12.45 waktu arab saudi 597 jemaah. Sedangkan jemaah yang sudah pulang ke tanah air gelombang satu sebayak 159 kloter dengan jumlah 60.345 jemaah.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi