Sebanyak 80.713 Jemaah Haji Sudah Tiba di Indonesia

Sebanyak 80.713 Jemaah Haji Sudah Tiba di Indonesia
Jemaah JKG 33 diberikan bunga mawar dan kurma saat tiba di Tanah air. (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Jeddah - Pemulangan jemaah haji Gelombang I dari bandara King Abdulaziz Internasional (KAIA) Jeddah terus berlangsung. Hingga Minggu 16 Juli 2023, jemaah tiba di Indonesia sebayak 213 kloter, degan jumlah 80.713 orang

Direktur Bina Haji Kemenag RI, Arsad Hidayat, menjelaskan pihaknya terus melakukan pendorongan pemulangan jemaah via Bandara Jeddah.

Sedangkan pemulangan lewat Bandara Jeddah akan berakhir 18 Juli 2023. Selanjutnya masuk pada Gelombang II via Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah (AMAA) tanggal 18 Juli juga.

"Nanti pada tanggal tersebut petugas terbagi dua, ada yang duluan ke Madinah untuk melayani pemulangan gelombang dua, sebagainya lagi stanbay di Jeddah untuk bertugas pemulangan gelombang satu kloter terakhir," jelas Arsad.

Sementara data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga Minggu (16/7) pukul 13. 03 waktu arab saudi (WAS) jemaah wafat terus bertambah hingga mencapai 641 orang.

Sedangkan yang sedang dirawat mencapai 356 orang. Mereka dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sebanyak 145 jemaah, dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) sebanyak 211 orang.

Sementara kepulangan jemaah haji debarkasi Jakarata pondok gede (JKG) kloter 33, Sabtu (15/7) malam diberi bunga mawar dan kurma deri salah satu perusahaan (sarikah) haji Arab Saudi saat berangkat dari pavilium D King Abdulaziz Jeddah menuju tanah air.

Pemberian mawar dan kurma menurut sarikah tersebut sebagai bentuk pelayanan dan penghormatan pada jemaah haji Indonesia yang diberikan pihak Saudi.

"Semoga dengan pemberian ini haji Indonesia senang dan terhibur,dan setibanya ke Indonesia selamat dan berjumpa kembali dengan keluarga," kata Alyaa Malibari.

Daryono mewakili jemaah haji, mengaku sangat senang dan bahagia.

"Tentu ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi jemaah. Dan kami mengucapkan terimakasih," singkatnya.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi