Nawal Lubis Ingin Minat Baca Masyarakat Terus Meningkat

Nawal Lubis Ingin Minat Baca Masyarakat Terus Meningkat
Ketua GPMB Provinsi Sumut Nawal Lubis bersama Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Dwi Endah Purwanti, melepas 217 Relawan Sumut Mengajar di Halaman Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Sudirman 41, Medan, Senin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Tim Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara, Nawal Lubis, berharap minat baca masyarakat terus meningkat. Program Sumut mengajar diharapkan menjadi motor peningkatan minat baca di daerah.

"Program ini harus mampu menjadi pendorong masyarakat untuk membaca, karena membaca sangat besar kegunaannya, menerima informasi baru, meningkatkan kemampuan komunikasi dan lainnya," kata kata Nawal saat melepas keberangkatan 217 Relawan Sumut Mengajar kelompok ke-14, Senin (17/7).

Perkembangan teknologi saat ini, menurut Nawal Lubis, harusnya mendorong kebiasaan membaca masyarakat. Sayangnya, yang terjadi saat ini malah sebaliknya, dunia digital menurunkan minat baca.

"Teknologi saat ini harusnya mempermudah kita membaca, di mana-mana kita bisa membaca, begitu juga dengan ketersediaan bahan bacaan, sayangnya ini malah sebaliknya orang lebih memilih menonton video, padahal membaca fungsinya besar," ucapnya.

Selama bertugas, relawan juga akan menyelenggarakan Festival Anak Indonesia Sumut di tiga kabupaten yaitu Batubara, Tapanuli Tengah dan Tanjungbalai. Nawal Lubis berharap, kegiatan ini memicu semangat anak-anak untuk giat membaca.

"Anak-anak kita yang perlu kita dorong untuk giat membaca, lewat kegiatan lomba, festival seperti ini kita ingin anak-anak senang dengan membaca dan akhirnya menjadi kebiasaan," tutur Nawal.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, agar relawan bekerja secara tulus di Kabupaten Batubara, Tapanuli Tengah dan Tanjungbalai. Selain itu juga, dia berharap relawan mau berbagi informasi dan inovatif saat berinteraksi dengan masyarakat.

"Daerah yang teman-teman datangi tentu karakternya berbeda, teman-teman perlu inovatif dalam menghadapi masyarakat," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Kominfo Sumut juga memberikan tablet kepada Relawan Sumut Mengajar kali ini. Diharapkan tablet tersebut mampu mendorong pekerjaan relawan saat berinteraksi dengan masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan tablet ini bisa menunjang kegiatan teman-teman relawan di daerah," jelas Ilyas.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi