Latihan Pembukaan Olimpiade 2024 di Sungai Seine

Latihan Pembukaan Olimpiade 2024 di Sungai Seine
Polisi Perancis ambil bagian dalam latihan untuk upacara pembukaan Olimpiade Paris yang inovatif. (AFP/Bertrand GUAY)

Analisadaily.com, Paris - Sekitar 40 kapal ikut serta dalam latihan lari upacara pembukaan Olimpiade Paris di sungai Seine pada Senin (17/7), hampir tepat setahun hingga ekstravaganza olahraga dimulai.

Semua sirkulasi dihentikan di sungai melalui pusat Kota Cahaya saat kapal berlayar dengan rute 6 km yang akan diambil Juli mendatang oleh delegasi pesaing, serta kru TV dan layanan darurat.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade, upacara pembukaan akan berlangsung di luar stadion atletik utama, dengan para peserta dan ofisial akan melakukan perjalanan melalui Paris dengan armada lebih dari 100 kapal.

Menjamin keamanan bagi peserta serta kerumunan beberapa ratus ribu orang di tepi Sungai Seine merupakan tantangan besar bagi penyelenggara.

Sekitar 40 kapal yang mensimulasikan kedatangan delegasi berlayar, dengan 18 kapal lainnya digunakan oleh layanan darurat, penyelenggara, dan penyiar tuan rumah.

"Kami perlu menguji cara baru untuk memfilmkan upacara tersebut," kata direktur acara, Thierry Reboul dilansir dari AFP dan Channel News Asia.

Koreografi dilakukan oleh sutradara teater Prancis Thomas Jolly, 41, yang rencananya tetap dirahasiakan.

Tiket untuk sekitar 100.000 tempat berhadiah di sepanjang sungai telah dijual oleh penyelenggara, dengan beberapa ratus ribu orang diizinkan menonton secara gratis dari tepi sungai.

Pawai obor tradisional menjelang pertandingan juga dipuji sebagai "luar biasa" oleh kepala penyelenggara Tony Estanguet.

Relai 80 hari akan melihat obor dibawa dari Yunani dengan perahu ke pelabuhan selatan Marseille sebelum ditampilkan di Mont Saint Michel yang terkenal di Prancis utara, Chateau de Versailles, dan Karibia Prancis.

Olimpiade Paris dijadwalkan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi