Google Jajaki Penggunaan Alat Kecerdasan Buatan untuk Membantu Jurnalis

Google Jajaki Penggunaan Alat Kecerdasan Buatan untuk Membantu Jurnalis
Logo Google dan kata-kata Kecerdasan Buatan AI terlihat dalam ilustrasi yang diambil, 4 Mei 2023. (Reuters/Dado Ruvic/Illustration)

Analisadaily.com, Amerika - Google sedang menjajaki penggunaan alat kecerdasan buatan untuk menulis artikel berita dan sedang dalam pembicaraan dengan organisasi berita untuk menggunakan alat tersebut untuk membantu jurnalis.

Juru bicara itu tidak menyebutkan nama penerbitnya, tetapi New York Times melaporkan bahwa Google telah mengadakan diskusi dengan Washington Post, pemilik Wall Street Journal News Corp dan bahkan New York Times, antara lain.

Alat AI ini dapat membantu jurnalis dengan pilihan tajuk berita atau gaya penulisan yang berbeda, misalnya, dengan cara yang meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka. Ini adalah tahap awal dalam mengeksplorasi ide," kata juru bicara Google dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Kamis (20/7).

“Sederhananya alat-alat ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak dapat, menggantikan peran penting yang dimiliki jurnalis dalam melaporkan, membuat, dan memeriksa fakta artikel mereka,” kata juru bicara tersebut.

Manajemen New York Time mengatakan, beberapa eksekutif yang melihat promosi Google menggambarkannya sebagai hal yang meresahkan. Para eksekutif tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Alat AI yang diluncurkan disebut Genesis secara internal di Google," kata NYT, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Seorang juru bicara News Corp menolak mengomentari laporan NYT atau alat AI, tetapi hubungan yang baik dengan Google.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Google, dan kami menghargai komitmen jangka panjang (CEO Google) Sundar Pichai untuk jurnalisme," katanya.

NYT dan Washington Post tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters di luar jam kerja reguler.

Berita itu muncul beberapa hari setelah Associated Press mengatakan akan bermitra dengan pemilik ChatGPT OpenAI untuk mengeksplorasi penggunaan AI generatif dalam berita, sebuah kesepakatan yang dapat menjadi preseden untuk kemitraan serupa antar industri.

Beberapa outlet sudah menggunakan AI generatif untuk konten mereka, tetapi publikasi berita lambat mengadopsi teknologi tersebut karena kekhawatiran tentang kecenderungannya untuk menghasilkan informasi yang salah secara faktual, serta tantangan dalam membedakan antara konten yang diproduksi oleh manusia dan program komputer.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi