Pejabat Partai: Aung San Suu Kyi Dipindahkan dari Penjara

Pejabat Partai: Aung San Suu Kyi Dipindahkan dari Penjara
Aung San Suu Kyi dari Myanmar tiba di sebuah sekolah di Kawhmu, Yangon, Myanmar, 18 Juli 2019. (Reuters/Ann Wang)

Analisadaily.com, Naypyidaw - Pemimpin sipil Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang digulingkan dalam kudeta militer 2021, telah dipindahkan dari penjara ke gedung pemerintah. Aung San Suu Kyi hanya terlihat sekali sejak dia ditahan setelah kudeta 1 Februari 2021, dalam foto buram media negara dari ruang sidang kosong di ibu kota Naypyidaw yang dibangun militer.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kudeta itu menjerumuskan negara Asia Tenggara itu ke dalam konflik yang telah menelantarkan lebih dari satu juta orang.

"Daw Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke kompleks venue tingkat tinggi pada Senin malam," kata seorang pejabat dari Liga Nasional untuk Demokrasi kepada AFP, Jumat, tanpa menyebut nama dilansir dari Channel News Asia, Jumat (28 Juli).

Pejabat partai itu juga mengonfirmasi Aung San Suu Kyi telah bertemu dengan ketua majelis rendah negara itu Ti Khun Myat dan kemungkinan akan bertemu dengan Deng Xijuan, utusan khusus China untuk Urusan Asia, yang sedang mengunjungi negara itu.

Sebuah sumber dari partai politik lain mengatakan Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke kompleks VIP di Naypyidaw.

Pada bulan Juli, menteri luar negeri Thailand mengatakan dia telah bertemu dengan Aung San Suu Kyi , pertemuan pertama yang diketahui dengan seorang utusan asing sejak dia ditahan.

Seorang juru bicara junta mengatakan kepada AFP bahwa pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam tetapi tidak memberikan rincian tentang apa yang dibicarakan.

Ada kekhawatiran tentang kesehatan peraih Nobel berusia 78 tahun itu sejak penahanannya, termasuk selama persidangannya di pengadilan junta yang mengharuskannya menghadiri sidang hampir setiap hari.

Aung San Suu Kyi telah dijatuhi hukuman 33 tahun penjara karena sejumlah tuduhan, termasuk korupsi, kepemilikan walkie talkie ilegal, dan pelanggaran pembatasan virus corona.

Kelompok hak asasi mengecam persidangannya sebagai tipuan yang dirancang untuk menyingkirkan pemimpin populer itu dari politik.

Pada Juni 2022, setelah lebih dari setahun menjalani tahanan rumah di Naypyidaw, Aung San Suu Kyi dipindahkan ke kompleks penjara di bagian lain ibu kota.

Di sana dia tidak lagi diizinkan memiliki staf rumah tangga yang terdiri dari sekitar sepuluh orang dan pembantu yang dipilih militer, kata sumber kepada AFP pada saat itu.

Pengurungan di ibu kota yang terisolasi itu jauh dari tahun-tahun yang dihabiskan Aung San Suu Kyi di bawah tahanan rumah selama junta sebelumnya, di mana dia menjadi tokoh demokrasi yang terkenal di dunia.

Selama periode itu, dia tinggal di rumah tepi danau era kolonial milik keluarganya di pusat komersial Yangon dan secara teratur memberikan pidato kepada orang banyak di sisi lain tembok tamannya.

Aung San Suu Kyi tetap sangat populer di Myanmar, bahkan setelah citra internasionalnya dinodai oleh kesepakatan pembagian kekuasaannya dengan para jenderal dan kegagalan untuk membela minoritas Rohingya yang teraniaya.

Tetapi banyak yang berjuang untuk demokrasi telah membuang prinsip inti non-kekerasannya dan mengangkat senjata untuk mencoba dan secara permanen mencabut dominasi militer dari politik dan ekonomi negara.

Militer mengutip dugaan penipuan pemilih yang meluas selama pemilihan pada November 2020 sebagai alasan kudeta, yang memicu protes besar dan tindakan keras berdarah.

Jajak pendapat itu dimenangkan dengan gemilang oleh Liga Nasional untuk Demokrasi Aung San Suu Kyi, dengan pengamat internasional pada saat itu mengatakan sebagian besar bebas dan adil.

Setelah kudeta, banyak anggota senior NLD dipenjara atau bersembunyi.

Pada bulan Maret, komisi pemilihan junta Myanmar mengumumkan NLD akan dibubarkan karena gagal mendaftar ulang di bawah undang-undang pemilu rancangan militer yang baru.

Junta belum mengumumkan tanggal untuk pemilihan baru yang katanya akan diadakan.

Lebih dari 3.800 orang telah tewas sejak kudeta, menurut kelompok pemantau lokal.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi