Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Gelar Gebyar Literasi 2023

Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Gelar Gebyar Literasi 2023
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut, Dwi Endah Purwanti (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara akan menggelar Gebyar Literasi 2023 di halaman dinas tersebut di Jalan Brigjen Katamso 9-11 Agustus 2023. Kegiatan bertema “Literasi Meningkat Sumut Bermartabat” tersebut diisi pameran literasi dan lomba.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut, Dwi Endah Purwanti, didampingi Panitia Gebyar Literasi 2023 menjelaskan, Gebyar Literasi 2023 bertujuan untuk meningkatkan literasi di kalangan pelajar khususnya dan generasi muda di Sumatera Utara umumnya.

"Kalau literasi meningkat, pengetahuan dan wawasan pasti akan bertambah luas. Dengan demikian maka warga Sumut akan semakin bermartabat," ujarnya, Sabtu (29/7).

Dwi Endah menjelaskan, pameran literasi terdiri atas, bazar buku, pameran produk literasi, talk show, inovasi dan kerajinan serta bazar makanan.

Sedangkan lomba lanjutnya terdiri atas, lomba pidato bahasa Inggris, menulis surat, bercerita, mewarnai dan lomba taman bacaan masyarakat dengan total hadiah Rp 73 juta.

Dijelaskan, periode pendaftaran peserta mulai 24 Juli hingga 4 Agustus 2023. Bagi yang berminat bisa mendaftar langsung ke sekretariat panitia lomba di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara Jalan Brigjen Katamso (depan Istana Maimun) atau melalui link: bit.ly/lombagebyarliterasi2023. Pendaftaran gratis dan tidak dipungut biaya.

Lomba mewarnai terbuka untuk siswa/siswi TK/PAUD yang berada di Sumatera Utara. Setiap sekolah boleh mengirimkan peserta maksimal 10 orang. Perlombaan mewarnai akan digelar 9 Agustus.

Untuk lomba menulis surat terbuka untuk siswa/siswi SMP/MTs sederajat yang berada di Sumatera Utara. Setiap Sekolah dapat mengirimkan utusan maksimal 5 orang. Lomba diadakan pada 10 Agustus.

Sedangkan untuk lomba pidato bahasa Inggris terbuka untuk siswa dan siswi SMA/SMK/MA sederajat yang berada di Sumatera Utara. Setiap Sekolah dapat mengirimkan utusan maksimal 3 orang. Lomba diadakan pada 10 Agustus.

Lomba bercerita terbuka untuk siswa dan siswi SD/MI sederajat kelas 4,5 dan 6 yang berada di Sumatera Utara. Setiap Sekolah dapat mengirimkan utusan maksimal 3 orang. Lomba diadakan pada 9 dan 10 Agustus.

Sementara lomba TBM boleh diikuti TBM yang berada di Sumatera Utara dengan persyaratan belum pernah juara dalam tiga tahun terakhir. Penilaian dilakukan dalam tiga tahap yaitu, penilaian data melalui instrumen, penilaian melalui peninjauan untuk peserta yang masuk nominasi dan penilaian melalui presentasi dan wawancara untuk enam nominasi yang akan dipanggil di tingkat provinsi.

Enam nominasi akan diundang untuk mengikuti Gebyar Literasi selama 9-11 Agustus untuk menentukan peringkat pemenang. Pengumuman seluruh perlombaan akan dilakukan pada 11 Agustus 2023.

Dwi Endah berharap partisipasi sekolah yang ada di Sumut mulai dari tingkat PAUD/TK hingga SMA/SMK/MA sederajat untuk ikut berpartisipasi menyukseskan Gebyar Literasi 2023.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi