Karya Warga Binaan Rutan Tarutung Dipamerkan pada ‘One Day One Prison's Product’

Karya Warga Binaan Rutan Tarutung Dipamerkan pada ‘One Day One Prison's Product’
Rutan Kelas IIB Tarutung menggelar pameran ‘One Day One Prison Product’ (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung menggelar pameran One Day One Prison's Product yang merupakan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (1/8).

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) kelas II B Tarutung Ismet Sitorus mengatakan, kegiatan One Day One Prison's Product ini berlangsung selama tiga hari berturut.

"Mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 3 Agustus tahun 2023," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan serta mengapresiasi kreativitas dan produktivitas Warga Binaan melalui pembelian produk oleh petugas dan masyarakat.

Dia menambahkan, pada event petugas ikut berpartisipasi dalam membeli sedikitnya satu produk buatan Warga Binaan.

"Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan produk warga binaan Rutan Tarutung sehingga tidak hanya petugas saja yang dapat merasakan produknya, tetapi juga masyarakat," katanya, sembari mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78 Tahun 2023.

Ismet menerangkan, keuntungan dari hasil penjualan produk hasil karya warga binaan ini akan disetorkan ke negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak.

"Jumlah yang disetorkan tersebut nantinya setelah dipotong modal produksi dan premi atau upah yang akan dibagikan kepada Warga Binaan sebagai bentuk apresiasi karena telah menghasilkan produk bernilai jual," pungkasnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi