4 Tips Merawat Panel Surya Pada Lampu Taman

4 Tips Merawat Panel Surya Pada Lampu Taman
Lampu Taman (RupaRupa)

Komponen panel surya pada lampu taman berfungsi untuk menangkap energi matahari dan menjadikannya sebagai sumber daya utama. Namun, panel yang terpasang di luar ruangan harus kamu rawat karena rentan rusak dan terkena kotoran.

Nah, ini dia tips merawat panel surya agar tahan lama.

1. Rutin mengganti baterainya

Baterai panel surya berfungsi untuk menyimpan energi yang berasal dari sinar matahari. Jadi, lampu taman tetap bisa menyala di malam hari. Biasanya, baterai ini perlu kamu ganti setiap 2-5 tahun pemakaian.

2. Potong tanaman yang menghalangi panel surya

Jika panel surya terhalang tanaman, maka energi matahari yang diterima pun jadi berkurang. Akibatnya, cahaya lampu yang dihasilkan tidak maksimal. Jadi, pastikan kamu selalu rutin memotong tanaman yang menghalangi agar panel surya bisa menyerap lebih banyak sinar matahari.

3. Bersihkan panel pakai cuka

Gunakan cuka untuk membersihkan panel karena kandungan asam asetatnya bisa meluruhkan kotoran tanpa merusaknya. Kamu bisa mencampurkan cuka dan air dengan rasio 1:1. Kemudian, lap pakai kain mikrofiber yang lembut. Pastikan kamu melakukannya di area yang teduh agar tidak terkena paparan cahaya matahari.

4. Periksa posisi panel secara rutin

Untuk memastikan efektivitasnya, pastikan posisi panel tetap berada di sudut yang bisa menyerap sinar matahari. Periksa juga komponen lainnya buat meningkatkan efisiensi panel.

Tidak sulit bukan, merawat panel surya pada lampu taman rumah? Nah, kamu bisa membeli model lampu ini di toko online resmi ACE melalui ruparupa. Di sini menjual lampu LED panel surya, serta menjual lampu tidur, gantung, lantai, dan jenis lampu lainnya dengan berbagai model. Yuk, belanja sekarang juga!

Baca Juga

Rekomendasi