AS Berencana Mendesak Israel untuk Melakukan Jeda Kemanusiaan

AS Berencana Mendesak Israel untuk Melakukan Jeda Kemanusiaan
Warga Palestina berkumpul di lokasi serangan Israel terhadap rumah-rumah di Bureij di Jalur Gaza tengah, 2 November 2023. (Reuters/Mohammed Fayq Abu Mostafa)

Analisadaily.com, Gaza - Diplomat utama AS pada Jumat (3/11) berencana mendesak Israel agar menyetujui beberapa jeda dalam perangnya melawan militan Hamas di Gaza untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk dan membantu orang-orang keluar dengan aman. Sementara Israel mengatakan pihaknya mengepung wilayah tersebut. Kota terbesar di daerah kantong Palestina.

Dengan konflik Hamas-Israel yang mendekati akhir minggu keempat, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dijadwalkan mengunjungi Israel pada hari Jumat untuk kedua kalinya dalam sebulan dan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat lainnya.

Militer Israel pada Kamis malam mengatakan pihaknya telah mengepung Kota Gaza, kota utama di wilayah kantong pantai tersebut dan menjadi fokus upaya Israel untuk memusnahkan kelompok Islam tersebut. Militan Hamas membalas dengan serangan tabrak lari dari terowongan bawah tanah.

"Kami berada di puncak pertempuran. Kami telah mencapai keberhasilan yang mengesankan dan telah melewati pinggiran Kota Gaza. Kami maju," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters.

Ketika Blinken meninggalkan Washington menuju Timur Tengah, dia mengatakan dia akan membahas langkah-langkah konkret di Israel untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil di Gaza. Meningkatnya korban jiwa di kalangan warga sipil Palestina, serta memburuknya kekurangan makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar, telah memicu tekanan global untuk menghentikan konflik kemanusiaan.

Israel menolak seruan tersebut, dengan mengatakan pihaknya menargetkan pejuang Hamas yang dituduh sengaja bersembunyi di antara penduduk dan bangunan sipil.

Konflik terbaru dimulai ketika militan Hamas menerobos perbatasan Israel pada 7 Oktober. Israel mengatakan mereka membunuh 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 240 orang pada hari paling mematikan dalam 75 tahun sejarah mereka.

Pemboman Israel berikutnya terhadap daerah kantong kecil Palestina yang berpenduduk 2,3 juta jiwa menewaskan sedikitnya 9.061 orang, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Meskipun menegaskan kembali penolakannya terhadap gencatan senjata penuh, Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan serangkaian jeda dalam konflik tersebut.

Juru bicara keamanan nasional AS, John Kirby, mengatakan bahwa jeda tersebut harus bersifat sementara dan bersifat lokal, dan dia bersikeras bahwa jeda tersebut tidak akan menghentikan Israel untuk membela diri.

“Apa yang kami coba lakukan adalah menjajaki gagasan mengenai jeda sebanyak mungkin yang diperlukan untuk terus menyalurkan bantuan dan terus berupaya mengevakuasi orang-orang dengan selamat, termasuk para sandera,” katanya kepada wartawan.

Dua pejabat AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan AS menerbangkan drone pengumpul intelijen di Gaza untuk membantu menemukan sandera. Salah satu pejabat mengatakan mereka telah melakukan penerbangan drone selama lebih dari seminggu.

Dalam lawatannya, Blinken juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi di Amman pada Sabtu. Dalam sebuah pernyataan, Safadi mengatakan Israel harus mengakhiri perang di Gaza, di mana ia mengatakan Israel melakukan kejahatan perang dengan mengebom warga sipil dan melakukan pengepungan.

Di Jenewa, tujuh pelapor khusus PBB, pakar independen yang memantau hak asasi manusia, mengeluarkan pernyataan yang menyerukan gencatan senjata, dengan mengatakan bahwa warga Palestina berada pada risiko besar terjadinya genosida. Misi Israel untuk PBB di Jenewa menyebut komentar tersebut “menyedihkan dan sangat memprihatinkan” dan menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil.

Stéphane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan penentuan genosida hanya dapat dilakukan oleh badan peradilan PBB yang relevan.

Dalam pertemuannya, Blinken mengatakan dia juga akan membahas masa depan Gaza dan meletakkan dasar bagi negara Palestina di masa depan.

Di tengah ledakan besar di Gaza, juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan bahwa pasukan negaranya telah menyelesaikan pengepungan Kota Gaza, yang merupakan titik fokus organisasi teror Hamas.

Brigadir Jenderal Iddo Mizrahi, kepala insinyur militer Israel, mengatakan pasukan menghadapi ranjau dan jebakan.

“Hamas telah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik,” katanya.

Abu Ubaida, juru bicara sayap bersenjata Hamas, mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Kamis bahwa jumlah korban tewas Israel di Gaza jauh lebih tinggi daripada yang diumumkan militer. “Tentara Anda akan kembali dengan tas hitam,” katanya.

Israel mengatakan pihaknya telah kehilangan 18 tentara dan membunuh puluhan militan sejak operasi darat diperluas pada hari Jumat.

Hamas dan pejuang Jihad Islam sekutunya muncul dari terowongan untuk menembaki tank, kemudian menghilang kembali ke dalam jaringan, kata warga dan video dari kedua kelompok menunjukkan.

Penyeberangan Rafah dari Gaza ke Mesir dijadwalkan dibuka untuk hari ketiga pada hari Jumat untuk evakuasi terbatas berdasarkan kesepakatan yang ditengahi Qatar yang bertujuan untuk membiarkan beberapa pemegang paspor asing, tanggungan mereka dan beberapa warga Gaza yang terluka keluar dari wilayah tersebut.

Menurut pejabat perbatasan, lebih dari 700 warga asing berangkat ke Mesir melalui penyeberangan Rafah pada dua hari sebelumnya.

Lusinan warga Palestina yang terluka parah juga harus menyeberang. Israel meminta negara asing mengirimkan kapal rumah sakit untuk mereka.

Di Khan Younis, di selatan Jalur Gaza, Rafif Abu Ziyada yang berusia sembilan tahun mengatakan dia minum air kotor dan mengalami sakit perut serta sakit kepala.

“Tidak ada gas untuk memasak, tidak ada air, kami tidak makan enak. Kami jadi sakit,” katanya. “Ada sampah di tanah dan seluruh tempat tercemar.”

Lebih dari sepertiga dari 35 rumah sakit di Gaza tidak berfungsi, dan banyak di antaranya diubah menjadi kamp pengungsi darurat.

“Situasinya sudah melampaui bencana,” kata badan amal Bantuan Medis untuk Palestina, menggambarkan koridor yang padat dan banyak petugas medis yang kehilangan dan kehilangan tempat tinggal.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi