327 DCT DPRD Kota Padangsidimpuan Ditetapkan

327 DCT DPRD Kota Padangsidimpuan Ditetapkan
327 DCT DPRD Kota Padangsidimpuan Ditetapkan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan menetapkan sebanyak 327 Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kota setempat.

"327 DCT anggota DPRD Sidimpuan yang akan bertarung pada Pileg 2024 mendatang itu, ditetapkan melalui rapat pleno KPU Sidimpuan, Jumat (3/11) lalu," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Padangsidimpuan, Fadlyka Himmah Syahputera Harahap, Minggu (5/11).

Dikatakan, mengacu dari jumlah 327 DCT itu, berarti berkurang 2 Caleg dari Daftar Calon Sementara (DCS) yang berjumlah 329 orang.

"Dalam DCS terdaftar 329 orang, namun Partai Perindo mengurangi dua Bakal Calon Legislatif, demi memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen," ungkapnya.

Fadlyka menegaskan, sebanyak 327 DCT yang berasal dari 15 Partai Politik (Parpol) itu sudah memenuhi seluruh persyaratan.

"327 DCT yang terdiri dari 210 laki-laki dan 117 perempuan tersebut, terbagi dalam tiga dapil yaitu, 1 Sidimpuan Utara, Sidimpuan Hutaimbaru, 2 Sidimpuan Batunadua, Sidimpuan Tenggara dan Sidimpuan Angkola Julu serta 3 Sidimpuan Selatan," jelasnya.

Lebih lanjut Fadlyka mengungkapkan, dari total 15 Parpol, hanya 6 yang berhasil memenuhi kuota 30 kursi di 3 Dapil se-Kota Sidimpuan.

"Keenam Parpol itu, Partai Demokrat, PAN, Nasdem, Golkar, PDI Perjuangan dan Gerindra," terangnya.

Hasil rapat pleno itu ditandatangani oleh Ketua KPU Kota Sidimpuan, Tagor Dumora, bersama 4 komisioner lainnya masing-masing Fadlyka Himmah Syahputera Harahap, Parlagutan Harahap, Syafri Muda Harahap, dan Usman Riharnol Siskandra Siregar.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi