Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FKG USU Terus Melakukan Inovasi dan Terbosan Akademik

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FKG USU Terus Melakukan Inovasi dan Terbosan Akademik
Dekan FKG USU, Dr. drg. Essie Octaria. (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Dalam menghadapi persaingan global, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU), terus berkembang meningkatkan inovasi, digitalisasi dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal itu, diungkapkan oleh Dekan FKG USU, Dr. drg. Essie Octaria, Sp. KGA pada acara Gala Dinner menggelar 9th Regional Dental Meeting and Exhibition - Internasional Dental Conference Of Sumatera Utara (RDM&E - IDCSU) 2023, berlangsung di Santika Premiere Dyandra Hotel, Kota Medan, Jumat (10/11) malam.

Kegiatan ini, merupakan rangkaian acara Dies Natalis FKG USU ke-62, dirangkai Gala Dinner dihadiri para alumni dari FKG USU, jajaran Rektorat USU hingga para tamu kehormatan.

"Dimana usia FKG USU sudah 62 tahun, terus berkembang dan meningkatkan kualitas, sehingga mampu menghadapi persaingan global dunia," katanya.

Acara dihadiri langsung oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) FKG USU, drg Wahid Khusairy MM dan Ketua panitia kegiatan RDM&E - IDCSU 2023, drg. Ami angela harahap, MSc, Sp. KGA(K).

Essie mengungkapkan bahwa FKG USU di bawah kepemimpinan dirinya, dari waktu ke waktu, terus berusaha memperbaiki diri dan menjadi fakta FKG USU, mampu bersaing dengan Fakultas Kedokteran Gigi lainnya, yang ada di Indonesia dan diharapakan, mampu maju di level yang lebih besar hingga internasional.

Dalam memperkuat program internasionalisasi universitas, FKG terus membuat terobosan dan inovasi akademik dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dari berbagai negara.

"Untuk memajukan FKG USU, terus dilakukan. Salah satunya, melakukan kerja sama pendidikan sejumlah FKG di Indonesia terbaik di Indonesia dan saat ini dan beberapa FKG dari universitas tetangga di Indonesia ini dan beberapa dekan, kita lakukan kerja sama," jelasnya.

Essie mengungkapkan bahwa keberhasilan dan capaian dimiliki FKG USU, tidak lepas dukungan dan bantuan diberikan Rektor USU, Prof Muryanto Amin beserta jajarannya dalam peningkatan saran dan prasarana FKG USU hingga Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) USU.

"Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas pengabdian bapak Rektor USU berserta jajarannya, atas sarana dan prasarana pembangunan pendidikan yang dilakukan, terus pengembang FKG USU dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) USU lebih baik lagi," ungkapnya.

"Saat ini, RSGM USU mendapatkan akreditasi paripurna, akhir November 2023 ini, akan mengajukan akreditasi menjadi RSGM Pendidikan," tambah Essie.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni (IKA) FKG USU, drg Wahid Khusairy MM mengakui bangga atas terobosan dan inovasi serta capai-capaian FKG USU dibawah kepemimpinan Essie Octaria.

"Atas capai-capaian disampaikan oleh ibu dekan tadi, memberikan semangat bagi kita semua. Baik kepada akademika, mahasiswa dan tentunya para alumni. Kami merasa bangga mempunyai Fakultas yang semakin baik, tentunya," ucap Wahid.

Wahid mewakili para alumni FKG USU mengatakan pihaknya, merasa menjadi bagian dari Fakultas membanggakan di USU ini. Ia mengungkapkan pihaknya juga siap membantu memberikan kontribusi dalam kemajuan FKG USU kedepannya.

"Kami masih merasa kontribusi dari pendidikan FKG USU ini. Bersama-sama semakin kuat, FKG USU ini, bersama alumninya berkontribusi kepada masyarakat untuk pembangunan kesehatan gigi dan mulut," ucapnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi