Yusuf Siregar: Pemerintah Desa Harus Buktikan Harapan Masyarakat

Yusuf Siregar: Pemerintah Desa Harus Buktikan Harapan Masyarakat
Plt Bupati Deliserdang HM A Yusuf Siregar (kiri) menyerahkan cenderamata kepada sejumlah pejabat pada Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar, menekankan agar pemerintahan desa untuk membuktikan harapan besar masyarakat dengan mewujudkan pemerintahan bersih, transparan, akuntabel, kuat, maju, mandiri dan demokratis yang hulunya mewujudkan cita-cita pembanganun daerah itu.

“Saat ini, masyarakat menaruh harapan besar terhadap desa agar bisa melakukan kinerja lebih baik. Karena desa merupakan garda terdepan dalam melaksanakan pelayanan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap Plt Bupati saat membuka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 di aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deliserdang, Kamis (16/11).

Untuk itu, para kepala desa perlu memperhatikan prinsip pelaksanaan pengelolaan keuangan desa yang dapat dipertanggungjawabkan bik secara teknis, adminisrasi maupun hukum. Sebab, jika keuangan desa tidak dikelola dengan tepat dan tertib administrasi, maka bisa menyebabkan kegagalan program pemerintah dan akan mengakibatkan permasalahan hukum.

Efeknya, tujuan untuk menyejahterakan masyarakat tidak akan tercapai sejalan dengan cita-cita mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebinekaan.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Utara, Kwinhatmaka selaku panitia penyelenggara memaparkan, workshop tersebut merupakan program sinergitas bersama antara DPR RI, khususnya Komisi XI, Kementerian Keuangan bersama BPKP dan kegiatan tersebut harus dilakukan setiap tahunnya.

Workshop diharapkan bisa menampung seluruh aspirasi dan kendala serta hambatan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, khususnya di Kabupaten Deliserdang. Selain itu, diharapkan bisa memberi informasi terkait pengelolaan keuangan dan pembangunan di desa dengan prioritas-prioritas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang sudah diarahkan pemerintah.

"Semoga workshop ini, sinergi dan kolaborasi dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa terus kita tingkatkan dan kebijakan yang terkait dengan pengelolaan keuangan serta pembangunan desa bisa terwujud dengan baik dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian di desa, khususnya di Kabupaten Deliserdang," ucapnya.

Hadir dalam workshop itu anggota Komisi XI DPR RI, H Hidayatullah, Inspektur V Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Hasrul Edyar,Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara diwakili Muchamad Rifai, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan kepala desa se-Kabupaten Deliserdang.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi