Atiqah Hasiholan Bawa 'Tulang Belulang Tulang' di Medan Film Festival 2023

Atiqah Hasiholan Bawa 'Tulang Belulang Tulang' di Medan Film Festival 2023
Atiqah Hasiholan Bawa 'Tulang Belulang Tulang' di Medan Film Festival 2023 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Aktris Atiqah Hasiholan menyapa warga Sumatera Utara (Sumut) dalam kesempatan Medan Film Festival 2023 yang berlangsung pada 25-26 November 2023 di Taman Budaya Medan.

Kedatangan Atiqah sekaligus untuk memperkenalkan film terbaru yang dibintanginya, “Tulang Belulang Tulang.” Selain dirinya, juga hadir produser film Shierly Kosasih, sutradara/penulis Sammaria Sari Simanjuntak, dan aktor David Saragih.

Film “Tulang Belulang Tulang” diproduksi Adhya Pictures dan Pomp Films, disutradarai oleh Sammaria Sari Simanjuntak yang juga menulis naskah film bersama Lies Nanci Supangkat, serta memproduserinya bersama Shierly Kosasih.

Film “Tulang Belulang Tulang” berkisah tentang keluarga Mami Laterina (Atiqah Hasiholan) yang melakukan perjalanan ke kampung halaman di Danau Toba, untuk melakukan upacara adat Mangokal Holi, pemindahan tulang belulang leluhur yang merupakan kebanggaan bagi keluarga yang mampu melaksanakannya.

Celakanya, koper berisi tulang belulang Tulang Tua (Kakek Buyut) hilang. Mami Laterina dan keluarganya harus segera menemukan tulang jika tidak mau dikutuk oleh Opung (Nenek) dan seluruh keluarga besar yang sudah menunggu dan siap berpesta di Danau Toba. Perjalanan ini membuat mereka mempertanyakan kembali makna harga diri bagi keluarga mereka.

“Senang rasanya bisa menyapa dan berjumpa dengan warga Medan dan Sumatra Utara di Medan Film Festival 2023. Pada kesempatan ini sekaligus aku memperkenalkan film Tulang Belulang Tulang yang punya kedekatan dengan warga Sumut. Film ini mengajak kita menemukan kembali arti keluarga dan harga diri selama roadtrip melintasi Danau Toba yang indah,” kata Atiqah Hasiholan, pemeran Mami Laterina di film “Tulang Belulang Tulang”, Minggu (26/11).

Di Medan Film Festival 2023, “Tulang Belulang Tulang” pun disambut hangat. Banyak insan perfilman dan warga Medan antusias dan tidak sabar untuk menonton film tersebut saat tayang di bioskop. Banyak pula warga Medan yang penasaran dengan pengalaman saat Atiqah menjalani syuting di Danau Toba.

“Salah satu pengalaman lucu adalah, aku dikasih mangga oleh seorang Inang di Danau Toba. Katanya lebih enak kalau dimakan langsung dengan kulitnya, tetapi setelahnya malah aku gatal-gatal. Ternyata tetap harus dicuci dulu. Sangkin menggiurkannya, aku langsung makan aja,” cerita Atiqah.

Selain Atiqah, film “Tulang Belulang Tulang” akan dibintangi oleh Tanta Ginting (Tulang Ucok), Tasha Siahaan (Cian), Lina ‘Mak Gondut’ Marpaung (Opung Tiolin), Landung Simatupang (Tulang Tua), David Saragih (Papi Mondo), dan Cornel Nadeak (Alon) yang semuanya memiliki darah Sumatra Utara.

Sementara, David Saragih juga menceritakan pengalamannya ketika shooting di Danau Toba. David tidak menyangka di lokasi tempatnya menginap, di daerah Dolok Sanggul, begitu dingin.

“Saya biasanya sih selalu merasa kegerahan ya. Tapi bahkan AC kamar pun mati, tidak saya gunakan, saking dinginnya,” kata David.

Sutradara Sammaria Sari Simanjuntak mengatakan, pemilihan pemain sebenarnya tidak direncanakan harus berdarah Sumut. Tapi memang secara tidak sengaja para pemeran utamanya adalah para aktor dan aktris berdarah Sumut.

“Memang yang cocok dan sesuai dengan karakter dan ceritanya ya mereka. Uniknya lagi, beberapa kru kami juga berdarah Sumatra Utara. Ada saya, lalu DOP Anggi Frisca Tarigan, ada assistant director Eigi Pohan & Genhart Manullang, dan VFX Artist Erickson Siregar. Bahkan produser eksekutif kami, Pak Ricky Wijaya, dan rumah produksinya memiliki akar Sumatra Utara,” kata Sammaria.

Produser Shierly Kosasih pun berharap film “Tulang Belulang Tulang” bisa dinikmati oleh warga Sumatra Utara, yang memiliki kedekatan cerita dan mengangkat keindahan Danau Toba. Namun, dengan cerita universal tentang keluarga, ia berharap filmnya juga bisa diterima secara luas oleh penonton Indonesia.

“Semoga ini bisa menjadi film yang menghibur, dari putra-putri Sumatra Utara untuk warga Sumatra Utara, dan Indonesia,” tambah produser Shierly Kosasih.

Film “Tulang Belulang Tulang” akan segera tayang di jaringan bioskop di Indonesia. Ikuti terus info terbaru film “Tulang Belulang Tulang” di Instagram resmi @tulangbelulangtulangfilm.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi