Paus Fransiskus Mengalami Radang Paru-paru

Paus Fransiskus Mengalami Radang Paru-paru
Paus Fransiskus duduk di kapel kediamannya sementara seorang ajudannya membacakan pesan Paus pada hari Minggu (26/11) (Reuters)

Analisadaily.com, Vatican City - Paus Fransiskus, yang menderita "radang paru-paru", tampak duduk di kapel kediamannya, bukan di Lapangan Santo Petrus, sementara seorang ajudannya membacakan pesan Paus pada hari Minggu (26/11).

Paus berusia 86 tahun, mengenakan jubah putih tradisional dan perban di tangan kanannya, tetap duduk di samping ajudan selama pembacaan.

"Saudara-saudara terkasih. Selamat hari Minggu. Hari ini saya tidak bisa tampil di jendela karena saya punya masalah peradangan di paru-paru," kata Paus Fransiskus dilansir dari Reuters, Senin (27/11).

Paus Fransiskus pergi ke rumah sakit Roma pada hari Sabtu untuk menjalani pemeriksaan yang menurut Vatikan telah menyingkirkan komplikasi paru-paru setelah serangan flu memaksanya untuk membatalkan aktivitas.

Vatikan tidak memberikan penjelasan mengenai perbedaan nyata antara pernyataannya pada hari Sabtu dan apa yang dikatakan Paus pada hari Minggu.

Salah satu bagian dari paru-paru Paus diambil ketika Paus Fransiskus masih muda di negara asalnya, Argentina.

Paus Fransiskus memperkenalkan pastor tersebut, Pastor Paolo Braida, yang kemudian membacakan pesan Minggu Paus berdasarkan Injil. Francis terbatuk beberapa kali selama pembacaan.

Paus menyampaikan berkat dan Braida membacakan pesan selanjutnya, termasuk permohonan perdamaian di Ukraina, ucapan terima kasih atas pembebasan beberapa sandera di Gaza dan konfirmasi niat Paus untuk melakukan perjalanan ke Dubai pada hari Jumat untuk menghadiri konferensi perubahan iklim PBB.

Paus Fransiskus mengakhiri pidato penutupnya dengan mengatakan:

"Saya mengucapkan selamat hari Minggu kepada semua orang. Jangan lupa mendoakan saya. Selamat makan siang dan sampai jumpa lagi," tuturnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi