Serius Tangani Stunting Pemkab Tapsel Raih Penghargaan dari BKKBN Sumut

Serius Tangani Stunting Pemkab Tapsel Raih Penghargaan dari BKKBN Sumut
Bupati Dolly Pasaribu (empat dari kanan) menunjukkan piagam penghargaan dari BKKBN Sumut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) meraih penghargaan penilaian terbaik dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Sumatera Utara (BKKBN Sumut) atas komitmen dan keseriusan menurunkan stunting.

"Penghargaan itu saya terima langsung dari Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin di Kota Medan," kata Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melalui selularnya kepada Analisadaily, Rabu (29/3).

Dikatakan, Pemkab Tapsel menerima penghargaan dari BKKBN 2023 bersama 10 wilayah kabupaten/kota lainnya di Sumut.

Menurutnya, dalam hal realisasi anggaran dan audit kasus (AKS) stunting di Tapsel, pihaknya melibatkan seluruh pemangku kepentingan mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan.

"Ada istilah Bapak Asuh di tingkat OPD, Dunia Usaha dan intervensi gizi spesipfik asi exclusif, PMT, Vit A, ANC, imunisasi, peran lintas sektor dengan melibatkan tenaga kesehatan hingga perangkat desa, serta mengaktifkan Posyandu dan PKK untuk memantau tumbuh kembang bayi dua tahun (baduta)," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, ada 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tapsel yang terlibat dan Pro aktif dalam satuan tugas (Bapak Asuh) dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tapsel.

"Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya penurunan stunting di Tapsel hingga mendapat penghargaan terbaik dari BKKBN Provinsi Sumut," ucapnya.

(HIH/BR)

Baca Juga

Rekomendasi