Warga Sipangko Akui Khasiat dan Manfaat Toga

Warga Sipangko Akui Khasiat dan Manfaat Toga
Tanaman Obat Keluarga. (Anaisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Angkola Muaratais - Warga Sipangko Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengakui besarnya khasiat dan manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) binaan TP PKK bagi kesehatan.

"Taman Toga ternyata banyak manfaat atau khasiatnya buat kesehatan," kata Kepala Desa Sipangko, Muhammad Azan di Sipirok, Minggu, (10/12).

Azan menepis ungkapan segelintir orang yang menyebut Toga kurang bermanfaat.

"Itu pendapat yang keliru, kesehatan warga kami sudah banyak tertolong," katanya.

Sementara TP PKK Sipangko Maslan Sajali Tambunan mengucapkan, terima kasih kepada Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu, Dinas PMD -Apdesi Tapsel yang gencar mensosialisasikan Toga.

"Berkat dorongan TP PKK Tapsel, PMD, dan Apdesi, kami berencana memprogramkan perluasan lahan kosong untuk pengembangan Toga, tujuannya membantu kesehatan warga lebih banyak lagi,"ujarnya.

Untuk saat ini lanjutnya, sudah 50 jenis tanaman Toga yang dikelola TP PKK Desa Sipangko antara lain Sambiloto, Kumis Kucing, Serai, Labu Kuning, Daun Mint, daun Bidara, Daun Seledri, Bunga Telang dan lain lain.

"Tanaman Toga kami ini sementara tidak untuk dijual belikan. Tetapi dikhususkan bagi warga desa yang membutuhkan bahan-bahan untuk obat-obatan herbal," katanya.

Dicontohkannya, daun bidara dan kumis kucing Taman Toga Desa Sipangko digunakan warga untuk penyembuhan yang menderita sesak nafas tahunan.

Selain itu, Batang sambung nyawa berkhasiat menurunkan demam dan Bunga Telang justru mencegah berbagai penyakit gangguan lambung dan kesehatan kulit.

Seperti pengakuan Ismawati Lubis (62) Warga Desa Sipangko yang mengaku, sekali seminggu datang mengambil bunga telang ini untuk direbus dan diminum.

'Alhamdulillah penyakit maag dan kembung yang saya derita selama ini sudah baikan. Saya memilih obat tradisional ini karena memang sudah terbukti. Nyatanya saya sudah sehat sekarang," ungkapnya.

(HIH/BR)

Baca Juga

Rekomendasi