Matakin Sumut Sosialisasi Agama Khonghucu di Medan

Matakin Sumut Sosialisasi Agama Khonghucu di Medan
Matakin Sumut Sosialisasi Agama Khonghucu di Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sosialisasi agama Khonghucu di Medan. Kegiatan yang diikuti sekitar puluhan orang ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang Khonghucu.

Sebagai pemakalah I, Laksmi Sukarto, B.Sc MBA dengan moderator Js Suardi, S.Pd menyampaikan materi "Pokok-pokok ajaran Khonghucu tentang: Ketuhanan, Nabi, Kitab Suci, Rumah Ibadah, Rohaniwan dan Hari Besar Keagamaan".

Kemudian pemakalah II, Ketua Matakin Sumut, ZL Muslim Linggouw dengan materi "Moderasi Beragama perspektif Khonghucu dengan Tema: Ada ajaran Tiada Membedakan suku bangsa dan Agama".

Ketua Panitia, Hermanto mengatakan, dalam rangka meningkatkan moderasi beragama, Matakin Sumut melakukan "Sosialisasi Agama Khonghucu". Tujuannya, untuk pelatihan penggemblengan dan semoga umat dapat mengerti ajaran Khonghucu/Ru jiao yang sebenarnya tanpa terjadi sinkretisme agar bisa lebih maju dalam beragama.

Hermanto menambahkan, kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus dan anggota Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (Pakin) Sumut, pengurus dan anggota Perempuan Agama Khonghucu Indonesia (Perkhin) Sumut dan umat Khonghucu di Kota Medan.

"Dengan sosialisasi ini semoga eningkatkan pengetahuan tentang Agama Khonghucu terutama bagi para pengurus dan umat Khonghucu di Medan," ujarnya, Jumat (5/1).

Diharapkan, anggota dan pengurus Pakin dan Perkhin Sumut dapat menjadi kader-kader yang berkualitas dalam pengetahuan agama. Serta menambah keimanan dan selalu melaksanakan dan mempraktekkan Delapan Kebajikan (Ba De).

"Selain itu, umat Khonghucu diharapkan dapat terbina keimanannya serta selalu teguh dalam menjalankan ibadah dan Agama Khonghucu," harap Hermanto.

Hermanto juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kesuksesan kegiatan sosialisasi agama Khonghucu ini. Diantaranya bimbingan dan bantuan diperoleh dari Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu), Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, pengurus Matakin Sumut dan umat Khonghucu.

"Diharapkan terjadi sebuah keharmonisan yang di mana sedang digalakkan oleh pemerintah. Dan apa yang kita harapkan bisa terealisasi dan tidak kalah penting bimbingan dari pada Kasi Kesejahteraan (Kesra) Pemprovsu yang kita butuhkan sekali karena kami sekian lama vakum dan tidak ada kegiatan maka perlu sekali untuk membantu serta mengayomi kami," pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasi, Anggota Dewan Kehormatan, Johan Tjongiran Yang, Ketua Matakin Sumut, ZL Muslim Linggouw, Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, sekretaris panitia Jhon Hendri dan Bendahara panitia Joko Mardianto, Zhang Lao dan lainnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi