USU Menuju World Class University: Alumni di Jakarta Dukung Program Studi Ilmu Sejarah Berkontribusi

USU Menuju World Class University: Alumni di Jakarta Dukung Program Studi Ilmu Sejarah Berkontribusi
Alumni di Jakarta Dukung Program Studi Sejarah USU Berkontribusi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Dra. Lila Pelita Hati, M.Si, dan Dra. Junita Setiana Ginting, M.Si, terlihat ceria menyambut sejumlah tamu yang berkumpul di Langit Seduh Roof Top Kafe, lt. 11 101 Urban Hotel Thamrin Jakarta, pada Kamis sore, 18 Januari lalu.

Para tamu tersebut adalah rekan-rekan kuliah, kakak kelas, dan adik-adik kelas Dra. Lila dan Dra. Junita, yang juga merupakan mantan mahasiswa Program Studi Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU).

"Terima kasih kepada rekan-rekan, kakak, abang, dan adik-adik alumni Program Studi (S1) Sejarah USU yang telah bersedia berkumpul dalam acara Alumni Gathering Prodi S1 USU kali ini di Jakarta," ujar Dra. Lila Pelita Hati, Ketua Program Studi Sejarah USU Medan, seraya diikuti dengan kesepakatan dari Dra. Junita, Sekretaris Program Studi.

Dalam sambutannya, Dra. Lila menjelaskan bahwa tujuan pertemuan tersebut adalah untuk mendukung Universitas Sumatera Utara (USU) dalam mencapai status World Class University, khususnya dengan mengasah peringkat QS World University Rankings dari Quacquarelli Symonds (QS), lembaga pemeringkatan universitas dunia.

Usaha meningkatkan peringkat USU ini terutama tergantung pada Employer Reputation, yaitu penilaian dari pimpinan perusahaan terhadap reputasi alumni yang bekerja di perusahaan tersebut.

"Keberadaan alumni di berbagai instansi merupakan aset berharga yang dapat meningkatkan reputasi suatu institusi. Employer Reputation memiliki bobot sebesar 15 persen dalam penilaian QS," tambah Dra. Lila.

Dalam konteks peringkat USU berdasarkan pemeringkatan dunia oleh Times Higher Education (THE) Asia pada tahun 2023, USU berada di peringkat 18 dan menempati peringkat 16 dari 26 peringkat pada Employer Reputation tracker Nasional.

Dra. Junita menyatakan bahwa USU berupaya meningkatkan peringkat QS pada tahun 2024 ini dengan menargetkan nilai indikator Employer Reputation sebesar 12%. Alumni diharapkan dapat berkontribusi melalui kegiatan seperti mengisi survey yang diminta oleh USU dalam pelacakan lulusan.

"Kehadiran alumni, khususnya Program Studi S1 Ilmu Sejarah, sebagai bagian dari USU tentu harus berpartisipasi dalam pemeringkatan ini, salah satunya melalui kegiatan Alumni Gathering," ungkap Dra. Junita.

Dalam pesan dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU, diharapkan semua alumni yang telah menduduki posisi strategis di berbagai institusi, lembaga, dan perusahaan memberikan kontribusi maksimal dalam pembangunan dan peningkatan reputasi USU di tingkat nasional dan global.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi