Sekjen PBB Khawatir Serangan Israel Meluas ke Rafah

Sekjen PBB Khawatir Serangan Israel Meluas ke Rafah
Seorang anak laki-laki berlutut di dekat kuburan para korban tewas dalam konflik Hamas-Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada Selasa (30/1/2024). (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Analisadaily.com, Washington - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres, menyatakan 'sangat' khawatir atas kemungkinan meluasnya serangan militer Israel ke wilayah Rafah di Jalur Gaza selatan.

"Kami telah melihat dampaknya terhadap warga sipil atas tindakan di Khan Youni, tidak hanya warga sipil tetapi juga dampaknya terhadap fasilitas kami ketika wilayah itu diserang," kata juru bicara sekjen PBB, Stephane Dujarric dilansir dari Anadolu dan Antara, Sabtu (3/1).

"Jelas saja, sejak dimulainya serangan darat, banyak pergerakan warga menuju selatan," jelas ujarric kepada wartawan di New York.

Dia menambahkan bahwa terdapat populasi yang “lebih padat” di wilayah selatan dan orang-orang hidup dalam kondisi yang “mengerikan” di sana.

"Jadi hal ini sangat mengkhawatirkan," tambah dia.

Rafah saat ini menjadi tempat tinggal bagi separuh penduduk Gaza yang telah mengungsi akibat perang dan Rafah juga menjadi rute utama bantuan kemanusiaan bagi 2,2 juta orang yang sangat membutuhkan.

Israel telah membunuh lebih dari 27.000 orang di Jalur Gaza sebagai balasan atas serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang. Serangan militer tersebut telah menyebabkan pengungsian dan kehancuran massal serta menciptakan kondisi kelaparan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi