Pengawas Pemilu Miliki Peran Strategis Ciptakan Pemilu Berintegritas

Pengawas Pemilu Miliki Peran Strategis Ciptakan Pemilu Berintegritas
Rapat koordinasi fasilitaai dan.pembinaan aparatur pengawas pemilu Minggu ( 4/2) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com.Padanglawas - Peranan pengawas Pemilu memiliki fungsi strategis dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu dalam menjaga integritas dan transparansi proses Pemilu berlangsung dengan baik.

Hal itu disampaikan nara sumber Atas Siregar dalam acara rapat koordinasi Fasilitasi dan Pembinaan Apararur Pengawas Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Padanglawas Minggu (4/2) di almarwah hotel Sibuhuan.

Atas Siregar yang juga mantan anggota KPU Padanglawas itu menyampaikan, pengawas pemilu memiliki tugas yang sangat penting dalam memastikan bahwa setiap tahapan pemilu berjalan dengan adil dan bebas dari pelanggaran.

Lebih lanjut Atas Siregar, menyampaikan, kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas kerja pengawas pemilu di Kabupaten Padanglawas.

" Pengawas Pemilu harus mampu menjadi wasit yang adil, sehingga semua proses bisa berjalan sesuai dengan regulasi," sebut Ataa Siregar.

Masih kata Atas Siregar, selain integritas, soliditas pengawas pemilu juga kemampuan menguasai aturan perundang undangan sangat dituntut sebagai penyelenggara.

" Tidak ada alasan sebagai penyelenggara pemilu tidak menguasai aturan dan regulasi, itu bahaya," tegas Atas Siregar.

Sementara itu Ketua Bawaslu Padanglawas Alex Sabar Nasution, mengatakan, acara fasilitasi dan pembinaan aparatur penyelenggara pemilu sangat penting.

Selain mempererat hubungan antar Panwaslu Kecamatan, sehingga kerjasama dan koordinasi dalam pengawasan pemilu menjadi lebih baik.

Alex menekankan sebagai penyelenggara pemilu pentingnya menjaga integritas dan displin serta menjalankan tugas tugas sesuai dengan regulasi yang ada.

" Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pengawas pemilu di tingkat kecamatan. Dengan pemahaman yang kuat tentang tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilu diharapkan semua tahapan berjalan dengan lancar," sebut Alex.

Senada dengan itu anggota Bawaslu Ningtiasih menyampaikan tugas tugas pengawas pemilu menjelang hari 'H 'semakin berat. Untuk itu ia meminta tugas tugas yang telah ditetapkan harus terlaksana dengan baik.

Malah Ningtiasih mencontohkan, tugas pengawas Pemilu itu seperti burung hantu. Disaat orang lagi tidur lelap, burung hantu baru keluar dari sarangnya dan menjalankan aktifitas.

Begitu juga dengan penyelenggara pemilu disaat orang lagi tidur lelap justru masih terus menjalankan tugas pengawasan.

" Jadi tidak ada istilah tidur tidur, sebagai penyelenggara harus terus menjalankan tugas seperti burung hantu," katanya.

Dalam acara ini peserta diikuti Ketua dan anggota Panwascam se Padanglawas dan sekretaris Panwascam

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi