Dosen UMA Gelar PKM Penguatan Keuangan Petani Padi di Desa Beringin

Dosen UMA Gelar PKM Penguatan Keuangan Petani Padi di Desa Beringin
Dosen UMA usai menggelar PKM di Desa Beringin (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Medan Area (UMA) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan tanggal 4 dan 5 Desember 2023.

Kegiatan ini berupa penyuluhan bagi Kelompok Tani Suka Maju di Desa Beringin. Mereka diberikan sosialisasi untuk menunjang kegiatan usaha pertanian yang telah dilakukan.

Dengan dibekalinya petani tentang pengelolaan keuangan, tentunya dapat membantu petani dalam meningkatkan dan mengembangkan usaha tani yang mereka kelola, khususnya petani padi dan tanaman palawija di Desa Beringin.

Para dosen yang tergabung dalam kegiatan pengabdian berasal dari fakultas pertanian dan fakultas ekonomi. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah “Pencatatan Keuangan bagi Petani Padi di Desa Beringin Deli Serdang”.

Pelatihan yang dilakukan selama tiga hari ini juga memberikan gambaran kepada para petani langkah dan proses yang dilakukan untuk melakukan pencatatan keuangan.

Kepada wartawan, Kamis (22/2/2024), pemateri pertama Rika Fitri Ilvira, S.TP, M.Sc. mengatakan bahwa dalam sosialisasi itu pertama diberikan materi terkait pengarahan pentingnya petani untuk mengetahui tentang pengeloaan keuangan demi memajukan usaha tani.

Sementara pembicara kedua yakni Aditya Amanda Pane, SE., M.Si memberikan pelatihan dalam proses pencatatan akuntansi untuk kegiatan usaha tani.

Pembicara ketiga, Marizha Nurcahyani, S.ST, M.Sc. memberikan pendampingan kepada petani untuk mempermudah pencatatan keuangan dan pelaporan keuangan dapat menggunakan aplikasi keuangan usaha tani yang dapat di unduh melalui playstore dari gawai para petani.

Rangkain kegiatan ini dilakukan dengan antusiasme para petani, karena pentingnya acara ini guna mengembangkan kegiatan usaha tani yang sudah dijalani selama ini. Dari hasil diskusi yang telah dilakukan para petani mengetahui bahwa untuk mengembangkan usaha pertanian yang dijalankan, pengeloaan keuangan yang baik dapat menjadikan usaha yang dijalan kan efektif dan efisien dan akan berdampak pada pertanian berkelanjutan.

Selain itu dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi petani untuk terus maju dan mengembangkan usaha pertanian yang mereka jalani, sehingga dapat memperluas pasar yang sudah dijalani selama ini.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi