BMKG: Waspadai Hujan dan Angin Kencang di Sumatera Utara

BMKG: Waspadai Hujan dan Angin Kencang di Sumatera Utara
Arsip foto - Pengendara sepeda motor menggunakan mantel saat hujan di kawasan Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Selasa (8/11/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/TOM/pri)

Analisadaily.com, Medan - Masyarakat diingatkan agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan.

Prakirawan Balai Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Defri Mandoza, mengatakan dalam dua hari ke depan, sejumlah wilayah di Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Pada siang hari hujan lebat berpotensi terjadi di Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbahas, Dairi, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Paluta, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu selatan, dan sekitarnya.

Pada malam hari hujan lebat berpotensi terjadi di Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, P. Sidempuan, Humbahas, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Sibolga, Padang Lawas, Paluta, Toba, Samosir, dan sekitarnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang karena dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Sementara suhu udara rata-rata 16–34.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut - tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi