Pramuka UINSU Raih Pangkalan Tergiat 2 PSR ke-33 UIN Raden Intan Lampung

Pramuka UINSU Raih Pangkalan Tergiat 2 PSR ke-33 UIN Raden Intan Lampung
Pramuka UINSU Raih Pangkalan Tergiat 2 PSR ke-33 UIN Raden Intan Lampung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lampung - Delegasi Gugus Depan 13.409-13.410 Pangkalan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan berhasil meraih prestasi sebagai Pangkalan Peserta Tergiat 2 pada kegiatan Perkemahan Songsong Ramadhan (PSR) ke-33 se-Sumatera Jawa 2024 yang digelar UIN Raden Intan Lampung, Sabtu (2/3).

PSR ke-33 ini mengusung tema ‘Spirit moderasi beragama dalam menyongsong bulan suci Ramadan, dimaksudkan sebagai sarana memperkuat nilai moderasi di tengah masyarakat dengan peran pramuka sebagai pelopor moderasi beragama. Gerakan ini sejalan visi dan misi Kementerian Agama RI.

“Alhamdulillah, Pramuka UINSU mendapat penghargaan sebagai pangkalan peserta tergiat 2 pada PSR 2024 yang digelar Gugusdepan 09.029-09.030 Pangkalan UIN Raden Intan Lampung. Insya Allah ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk menjalankan pendidikan kepramukaan lebih kuat dan lebih baik lagi di pangkalan UINSU Medan ke depan,” jelas Baron Lesmana bersama Yusuf Ali Ahmad Nasution selaku delegasi Pramuka UINSU Medan pada giat dengan lingkup Sumatera Jawa tersebut.

Baron yang juga Ketua Dewan Racana H Adam Malik Gudep 13.409 masa bakti 2024 menyampaikan, PSR ke-33 ini merupakan agenda tahunan dari Pramuka UIN Raden Intan. Berisikan berbagai kegiatan untuk golongan pramuka penegak dengan sejumlah perlombaan dan kompetisi kepramukaan. Juga terdapat kegiatan untuk golongan pandega yang berisi berbagai kegiatan kepramukaan yang menarik, meliputi giat umum, materi, bakti dan penunjang, rutin, keagaman dan wisata edukasi.

Baron, mahasiswa PAI ini menjelaskan, berbagai persiapan dilakukan, mulai dari administrasi hingga materi adat Sumatera Utara, khususnya adat racana yang disuguhkan pada ajang pramuka perguruan tinggi yang bergengsi ini yang digelar dari 27 Februari hingga 2 Maret 2024, di berbagai titik lokasi kegiatan.

Sementara Yusuf Ali yang juga Sekretaris Dewan Racana H Adam Malik Gudep 13.409 menyampaikan, berbagai kegiatan yang diikuti di antaranya yakni sejumlah upacara meliputi adat dan kegiatan, tabligh akbar, tur kampus di UIN Raden Intan Lampung, dinamika kelompok, FGD, bakti masyarakat, Pramuka Mengajar, bakti rumah ibadah, konservasi alam, pesta rakyat dan Malam Rimbaku Trisila.

Giat tambahan lain di antaranya, giat keagamaan, pembinaan fisik, kebersihan lingkungan, studi wisata industri dan studi wisata bahari. “Semua mata kegiatan alhamdulillah bisa kami ikuti dengan baik dan optimal. Memberikan yang terbaik sebagai delegasi atau utusan Pramuka UINSU Medan pada kegiatan lingkup Pulau Sumatera dan Jawa ini,” ucap Yusuf, mahasiswa prodi MPI FITK ini.

Delegasi UINSU ini juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor UINSU Medan Prof Dr Nurhayati, MAg selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus) 13.409-13.410 atas dukungan dan perhatian terhadap perkembangan pendidikan kepramukaan di kampus kecintaan ini. Juga terima kasih kepada Ka Gudep 13.409 Sugiatmo, MA dan Ka Gudep 13.410 Siti Ismahani, MHum atas segala dukungan. Diharapkan ke depan, berbagai kegiatan kepramukaan di tingkat gugusdepan perguruan tinggi bisa dioptimalkan dari berbagai aspek.

Diketahui, tanda prestasi tersebut diserahkan pada malam puncak kegiatan bertajuk Malam Rimbaku Trisila, tertuang dalam piagam Nomor: 316/02/08.05.09/029-030/A ditandatangani Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin Z, MAg, PhD.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi