Capaian 83 Persen, Deliserdang Komitmen Optimalkan Serapan APBD

Capaian 83 Persen, Deliserdang Komitmen Optimalkan Serapan APBD
Capaian 83 Persen, Deliserdang Komitmen Optimalkan Serapan APBD (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, menyambut baik apresiasi yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, atas keberhasilan pemkab tersebut yang mampu mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 mencapai 83 persen.

Capaian penyerapan APBD itu melampaui yang ditargetkan BPK sebesar 75 persen. "Pemeriksaan yang dilakukan BPK merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan agar seluruh proses pelaksanaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan," jelas Bupati Ali Yusuf Siregar saat Exit Meeting di Ruang Rapat, Lantai II, Kantor Bupati Deliserdang, Rabu (6/3).

Bupati mengakui, selama pemeriksaan berlangsung tentu ditemukan adanya kekurangan dan kelemahan. Sebagai konsekwensinya, Pemkab Deliserdang akan bertanggungjawab dalam memperbaiki kekurangan yang ada.

Kepada segenap perangkat daerah di jajarannya, bupati mengingatkan agar bisa menindaklanjuti hasil pemeriksaan dan rekomendasi dari BPK RI itu.

"Nantinya, Pemkab Deliserdang tetap berkomitmen untuk berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang dituangkan dalam laporan hasil pemeriksaan yang telah kami terima," tegas Ali Yusuf Siregar yang didampingi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut.

Dalam pertemuan itu, sebelumnya Ketua BPK Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, selain memberikan apresiasi positif, juga mendorong agar capaian penyerapan APBD tersebut lebih optimal.

"Ke depan, kita targetkan juga lima tahun terakhir supaya kelihatan kinerja pimpinan dalam menyelesaikan tanggung jawab pengelolaan keuangan daerah," ucapnya.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi