Lembaga BIPA UMSU Adakan Webinar Internasional Terkait Pengajaran BIPA Lintas Dunia

Lembaga BIPA UMSU Adakan Webinar Internasional Terkait Pengajaran BIPA Lintas Dunia
Lembaga BIPA UMSU Adakan Webinar Internasional Terkait Pengajaran BIPA Lintas Dunia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga BIPA UMSU menyelenggarakan Seminar Internasional pada Rabu, 6 Maret 2024. Acara ini diikuti 175 peserta yang merupakan pengajar dari berbagai instansi dan lembaga BIPA di Indonesia.

Seminar internasional ini mengusung tema Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Lintas Negara: Peluang & Tantangan. Seminar ini menghadirkan para narasumber yang mumpuni di bidang BIPA sebagai fasilitator dan pengajar BIPA.

Para narasumber dalam acara ini antara lain; Hidayat Widiyanto, M.Pd. Selaku Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara; Dr. Agus Sulaeman, M. Pd. yang merupakan pengajar BIPA di Hankuk University of Foreign Studies; dan Dr. Cut Novita Srikandi, M. Hum selaku ketua Lembaga BIPA UMSU. Masing-masing narasumber menyampaikan perspektif yang beragam terkait pengajaran BIPA di dalam dan luar negeri.

Acara yang dipandu oleh Dr. Winona Emelia M. Hum ini turut pula dibuka oleh pengarah Lembaga BIPA UMSU, Dr. Muhammad Arifin, M.Pd. Turut hadir pula Ibu Erni Catur Wesni, M.Pd. yang merupakan penggiat BIPA UI sekaligus bagian dari APPBIPA pusat.

Seminar ini telah menghasilkan pengetahuan terkait peluang dan tantangan seputar pengajaran BIPA di luar negeri yang nantinya akan mendorong Lembaga BIPA di Indonesi untuk meningkatkan profesionalitas pengajarnya.

Salah satu cara pendidikan Indonesia melakukan internasionalisasi adalah melalui program pembelajaran BIPA. Selain upaya internasionalisasi bahasa Indonesia, program BIPA juga dapat digunakan untuk internasionalisasi universitas-universitas di Indonesia.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi