USU Beri Pendampingan Kepada USN Kolaka untuk Bertransformasi Menuju PTN-BLU

USU Beri Pendampingan Kepada USN Kolaka untuk Bertransformasi Menuju PTN-BLU
USU Beri Pendampingan Kepada USN Kolaka. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan pendampingan kepada Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka untuk melaksanakan Revitalisasi menuju Perguruan Tinggi Negeri - Badan Layanan Umum (PTN-BLU) di Ruang IMT-GT, Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Kamis (14/03/2024).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa aspek penting yang dibahas melalui diskusi kali ini yaitu mengenai tata kelola, keuangan, kebijakan sampai dengan pendidikan, pembelajaran, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan penjaminan mutu.

Pendampingan telah berjalan sejak terlaksananya penandatanganan kerja sama antara Rektor USU dan Rektor USN Kolaka bulan Januari lalu. Segala aspek penguatan dari PTN-Satker menuju PTN-BLU difasilitasi oleh USU sehingga diharapkan adanya peningkatan terhadap USN Kolaka.

WR I USU berharap transisi dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU bukan hanya sebagai tanda pengakuan, namun juga menjadi langkah terciptanya sistem pendidikan tinggi yang inklusif, responsif dan berkelanjutan. Juga meningkatkan kemandirian dalam mengelola sumber daya, mengembangkan potensi serta membuka peluang yang lebih luas untuk inovasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Mari kita sama-sama mendukung UNS Kolaka menjadi PTN-BLU yang berintegritas dan berkualitas serta meningkatkan kemajuan lokal hingga internasional," tutur WR I USU dalam wawancara.

Rektor USN Kolaka, Dr. H. Nur Ihsan HL, M.Hum., mengutarakan USU dipercaya untuk melakukan pendampingan dengan USN Kolaka. Dosen dari USN Kolaka akan bertugas di USU dalam forum Focus Group Discussion. Harapannya dalam waktu singkat dapat meningkatkan status dari PTN-Satker menuju PTN-BLU.

"Kita menaruh ekspektasi yang sangat tinggi, oleh karena itu kita percaya USU yang dapat mendampingi USN Kolaka menuju PTN-BLU," tambah Rektor USN Kolaka.

Inisiasi kerja sama tidak akan berhenti disitu saja, namun kedepannya USU dengan USN Kolaka akan terus berkolaborasi di berbagai aspek guna peningkatan mutu universitas.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi