Polresta Deliserdang Laksanakan Operasi Ketupat Toba 2024

Polresta Deliserdang Laksanakan Operasi Ketupat Toba 2024
Polresta Deliserdang Laksanakan Operasi Ketupat Toba 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Dalam rangka menghadapi perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024, Polresta Deliserdang menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024.

Apel yang dilangsungkan di Lapangan Hijau Polresta Deliserdang menjadi persiapan akhir untuk mengawali operasi yang melibatkan personel dari kepolisian dan instansi terkait, Rabu (3/4).

Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, bertindak sebagai Pimpinan Apel. Dalam amanat yang dibacakan, ia menyampaikan pesan dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menegaskan pentingnya kesiapan dan sinergi antara TNI dan Polri serta stakeholder terkait dalam menghadapi tantangan pengamanan arus mudik dan perayaan Idulfitri.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI dan Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Idulfitri 1445 H," jelasnya.

Operasi Ketupat Toba 2024 direncanakan berlangsung selama 13 hari, dimulai dari 4 April hingga 16 April 2024. Dalam periode tersebut, diperkirakan akan terjadi peningkatan signifikan jumlah pemudik, sehingga diperlukan kesiapan maksimal dari aparat kepolisian dalam menghadapi dinamika arus mudik dan balik yang tinggi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Polresta Deliserdang telah menyiapkan 4 POS, yakni 2 Pos Pengamanan (Pos PAM Lapangan Segitiga Lubukpakam dan Pos PAM Warung Seri Pagar Merbau, 1 Pos Pelayanan (Pos Yan Simpang Kayu Besar) dan 1 Pos Terpadu (Pos Terpadu Bandara Kualanamu - Terminal Kedatangan Domestik lantai 1) serta melibatkan personel gabungan, yang terdiri dari personel Polri dan personel dari instansi terkait seperti TNI, Dishub, Pol PP, dan Dinkes. Mereka akan bertugas dalam pengamanan perayaan Hari Raya Idulfitri, serta mengamankan arus mudik dan arus balik.

Tujuan dilaksanakannya Operasi Kepolisian Ketupat Toba 2024 untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam merayakan hari Raya Idulfitri 1445 H dan terwujudnya kamseltibcarlantas (arus mudik/balik yang lancar) serta menurunkan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Polresta Deliserdang bersama stakeholder terkait siap menjalankan tugas demi menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan kondusif selama perayaan Idulfitri bagi seluruh masyarakat,” kata Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo.

Sinergi dan kerja sama yang baik diharapkan dapat membawa hasil yang optimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama operasi berlangsung.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi