Sidak SPBU, Polda Sumut dan Pertamina Patra Niaga Sumbagut Cek Stok hingga Kualitas BBM

Sidak SPBU, Polda Sumut dan Pertamina Patra Niaga Sumbagut Cek Stok hingga Kualitas BBM
Sidak SPBU, Polda Sumut dan Pertamina Patra Niaga Sumbagut Cek Stok hingga Kualitas BBM (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Polda Sumut melalui Ditreskrimsus inspeksi mendadak (sidak) sejumlah SPBU di Kota Medan, Rabu (3/4). Sidak dilakukan Polda Sumut bersama Pertamina.

Kanit 3 Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut, Kompol Pandu Winata, sasaran sidak yang pertama menjamin ketersediaan atau stok BBM menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah/2024 dan pasca Idulfitri.

“Tentunya, pertama, atensi pimpinan kami yaitu apakah SPBU ini sudah memberikan pelayanan yang tepat kepada masyarakat yang membeli BBM,” kata Pandu kepada sejumlah wartawan di SPBU Pertamina 14.201.127, Jalan Sisingamangaraja, Harjosari II, Medan Amplas.

Diungkapkan Pandu, pihaknya juga akan mengatensi temuan yang sifatnya pidana, dan akan diproses secara aturan yang berlaku.

“Tentunya kami akan mengadakan penyelidikan. Tapi kita akan terlebih dahulu koordinasi dengan Pertamina dan Disperindag, mana-mana yang akan kita lakukan pengecekan,” ungkapnya.

Pandu menyebut, sejauh ini belum ada temuan. Meski demikian, pihaknya rutin melakukan pengecekan di lapangan. Di seluruh jajaran Polda Sumut juga mengatensi hal ini.

“Kita terus memonitor, bentuk Satgas. Kita memiliki Satgas terpadu yang di dalamnya ada kepolisian, Pertamina, Disperindag, dan stakeholder terkait yang sama-sama mengawasi distribusi BBM tepat sasaran dan tidak ada penyalahgunaan,” bebernya.

Sales Branch Manager Rayon I Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sigit Wicaksono mengatakan, pihaknya berterima kasih dan apresiasi khususnya kepada Ditreskrimsus Polda Sumut atas kerja sama untuk melakukan pengecekan kualitas dan juga kuantitas BBM di SPBU.

“Pada hari ini kami juga melakukan simulasi, yang pertama pengecekan QQ di SPBU seperti apa, yang pertama takaran seperti apa menggunakan bejana ukur 20 mililiter dan di SPBU ini ditemukan dalam kondisi batas normal sesuai peraturan dari pemerintah,” ucapnya.

Kedua, mengenai pengecekan kualitas. Salah satunya adalah pengecekan densitas BBM dan pengecekan kadar air.

“Tadi sudah disaksikan rekan-rekan dari Polda, dan mungkin sebagai prosedur nanti upaya membantu di lapangan bagaimana tim Polda juga bisa melakukan monitor di lapangan,” ujarnya.

“Pertamina terus menjamin bagaimana SOP di SPBU sudah dijalankan setiap hari dan rutin supaya bisa lebih bertanggungjawab kepada masyarakat,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi