MTQ Diharap Mampu Tingkatkan Prestasi dan Penghafal Quran

MTQ Diharap Mampu Tingkatkan Prestasi dan Penghafal Quran
MTQ Diharap Mampu Tingkatkan Prestasi dan Penghafal Quran (Analisadaily/Rinto Sustono)

Analisadaily.com, Sunggal - Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar berharap, melalui gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat meningkatkan prestasi qari dan qariah, serta menambah kuantitas tahfiz (penghafal) Quran.

"Melalui MTQ dengan lantunan ayat suci Alquran ini, juga diharapkan dapat mewujudkan syiar Islami," ungkap bupati saat membuka MTQ ke-57 Kabupaten Deliserdang di Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Kamis (18/4).

Bupati Ali Yusuf Siregar meyakinkan, Alquran adalah kitab suci yang tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk jalan yang lurus untuk keselamatan dunia dan kebahagian di akhirat.

Musabaqah yang bertemakan "Melalui MTQ Ke-57 Kabupaten Deliserdang, Kita Jadikan Generasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah dalam Mewujudkan Deliserdang Maju, Sejahtera, Religius, dan Rukun dalam Kebhinekaan" diharapkan juga dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi masyarakat luas, khususnya para generasi muda untuk bisa memahami dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Alquran pada kehidupan sehari-hari.

Dia juga mengimbau, selain sebagai ajang peningkatan prestasi, MTQ hendaknya bisa dijadikan sebagai momen mempererat tali silaturahmi.

"Tampilkanlah seluruh kemampuan sebaik dan semaksimal mungkin. MTQ bukan hanya mencari juara, namun diharapkan dapat memelihara kesucian Alqurann," kata bupati.

Di tempat sama, Ketua DPRD Deliderdang, Zakky Shahri mengungkapkan, pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meningkatkan jejak-jejak peradaban yang ditandai dengan berubahnya pola pikir ekslusif menjadi inklusif dan maju.

"Termasuk mengubah kebiasaan dan karakter ke arah yang lebih maju dan agamais. Sehingga visi Kabupaten Deliserdang yang religius bisa kita perkuat," imbuhnya.

Di hadapan Ketua TP PKK, Sri Pepeni Yusuf Siregar, unsur forkopimda, Ketua MUI Deliserdang, Kyai Amir Panatagama, Sekdakab, Timur Tumanggor, Kepala OPD, dan ribuan undangan yang hadir, Ketua Panitia Citra Effendi Capah, melaporkan MTQ itu bertujuan mengembangkan kemampuan seni baca Alquran dengan baik dan benar, sesuai kaidah pembacaan Quran.

"Terlebih mampu memahami makna dan kandungan Quran, sebagai landasan spritual dalam membangun kehidupan masyarakat yang religius. Kemudian membentuk sikap dan prilaku sesuai ajarannya dan sunah Rasulullah SAW," paparnya.

MTQ yang akan berlangsung hingga Senin (22/4) ini diawali dengan lomba pawai taaruf. Saat pembukaan, Bupati Ali Yusuf Siregar juga mengukuhkan dewan hakim yang menilai seluruh mata lomba.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi