Delima KDI Bakal Meriahkan Festival Ekonomi Syariah di Tanjungbalai

Delima KDI Bakal Meriahkan Festival Ekonomi Syariah di Tanjungbalai
Konferensi pers (Analisadaily/Ridwan Marpaung)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cabang Pematangsiantar menggelar Road to FESyar (RtF) di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah atau Alun-alun Kota Tanjungbalai pada 27 hingga 28 April.

Kepala Unit Data Statisik dan Kehumasan BI Cabang Pematangsiantar, Anto Yulianto dalam jumpa pers di clCafe Teras Atok, Senin (22/4) sore, menjelaskan, Festival Ekonomi Syariah (FESyar) merupakan agenda tahunan Bank Indonesia dalam rangka mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di regional Sumatera.

"Dalam rangka mengakselerasi pengembangan keuangan dan ekonomi syariah di regional Sumatera, BI Cabang Pematangsiantar melaksanakan RtF di Kota Tanjungbalai dengan tema Gema Syariah Sisi Batas Labuhan," ujarnya.

Anto mengungkapkan, hari pertama rangkaian kegiatan pada RtF antara lain Sosialisasi Ekonomi Syariah, Lomba Berbalas Pantun sekaligus pengumuman pemenang lomba serta hiburan musik Gambus Serumpun.

Di hari kedua kegiatan dimulai dengan Senam Pagi, Sosialisasi QRIS, CBPR dan Perlindumgam Konsumen, UMKM Talks 'Sertifikat Halal', Lomba kreasi Nasyid sekaligus pengumuman pemenang lomba dan hiburan, menghadirkan artis Delima KDI.

“Kami dari pihak Bank Indonesia mengundang seluruh masyarakat Kota Tanjungbalai dan sekitarnya untuk menghadiri acara Road To FESyar yang gratis dan terbuka untuk umum,” ajaknya.

Masyarakat juga diundang untuk berpartisipasi dan bertransaksi dengan QRIS di bazar UMKM. Transaksi hingga Rp 10.000 hanya perlu membayar Rp 1, sedangkan transaksi di atas Rp 10.000 akan mendapatkan diskon Rp 10.000 dengan kuota terbatas di setiap stand UMKM.

"Pengunjung kita ajak berpartisipasi untuk bertransaksi dengan QRIS di bazar UMKM dengan berbagai penawaran diskon,” ujarnya.

Anto menambahkan, selain kegiatan RtF tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar juga melaksanakan kegiatan BI Goes to School dan BI Goes to Campus di Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan dari tanggal 23 sampai 26 April 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan peran, fungsi, dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral kepada masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Anto menerangkan, untuk Regional Sumatera, kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) rencananya akan digelar di Kota Batam, Provinsi Riau, pada 21 sampai 26 Mei 2024.

Sesuai catatan, BI Cabang Pematangsiantar meliputi wilayah kerja delapan Kabupaten/Kota diantaranya, Kabupaten Simalungun, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, serta Kota Pematangsiantar dan Tanjungbalai.

(RM/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi