SMK Panca Budi Medan Sukses Gelar UKK

SMK Panca Budi Medan Sukses Gelar UKK
SMK Panca Budi Medan Sukses Gelar UKK (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - SMK Panca Budi Medan menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini Setiap jurusan memiliki periode uji kompetensi yang berbeda, mulai dari TKRO, TAV, Multimedia, TBSM, Akuntansi, Perbankan Syariah, hingga Akuntansi Perkantoran.

Hari kedua UKK menjadi momen istimewa dengan kehadiran tamu dari Dinas Pendidikan Kota Medan, yakni Dra, Rinayanti, MM, dan Azhar, S.Pd., M.Si. Selain itu, pengawas dari luar yang biasa dikenal dengan IDUKA (Dunia Industri dan Dunia Kerja) juga turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Dengan penguji yang kompeten di bidangnya seperti, Feri Panji dari INDAKO untuk TBSM, M. Zaki dari PT Capella untuk TKRO, Jon Edi Priyanto Purba dan Lisbet Evy Susanti dari Erlangga untuk Akuntansi dan Perkantoran, serta Dr. Khairul dan Syaiful Bahri dari PT Edu Tecno Langkat untuk Multimedia.

Sementara Yusri Hamdani dari East Electronik menguji TAV dan Rolia Nella Elma Sahertian dari Bank Syariah Indonesia menguji Perbankan Syariah.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Panca Budi Medan, Lukmanul Hakim Sitompul, S.Pd, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan harapannya agar UKK tahun ini berjalan lancar tanpa kendala.

Tujuan utama dari UKK ini adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi, mendorong kerja sama antara SMK dan dunia kerja, serta memfasilitasi siswa SMK dalam memperoleh sertifikat kompetensi atau uji kompetensi, sekaligus mendiagnosis kesulitan belajar para peserta didik.

Melalui UKK ini, SMK Panca Budi Medan berharap dapat mencetak peserta didik yang unggul dalam bidang kompetensinya masing-masing, sehingga mampu mengaplikasikan keahlian yang mereka dapatkan di sekolah untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang.

Semangat untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pemberdayaan siswa terus digelorakan, menjadikan SMK Panca Budi Medan sebagai lembaga yang berperan aktif dalam mempersiapkan generasi penerus yang kompeten dan siap berkontribusi dalam masyarakat dan dunia kerja.

Dengan adanya UKK ini di SMK Panca Budi Medan, momentum ini menjadi catatan berharga bagi para siswa kelas XII. Mereka telah menjalani serangkaian ujian yang tidak hanya mengukur pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menjadi langkah awal menuju dunia kerja yang semakin kompetitif.

Harapan besar tersemat pada hasil UKK kali ini, bahwa setiap peserta didik mampu mencapai nilai yang memuaskan sesuai dengan bidang keahliannya.

Kepedulian SMK Panca Budi Medan tidak hanya sebatas memberikan pendidikan formal, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri dan dunia kerja.

Dukungan penuh dari pihak sekolah, para pengawas, dan tamu undangan memberikan semangat baru bagi para generasi penerus untuk terus berkembang dan berkontribusi maksimal dalam setiap langkah perjalanan mereka.

(YY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi